REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG-- Setiap orang masing-masing memiliki mimpi finansial (financial milestones) yang berbeda-beda. Untuk mewujudkan mimpi tersebut, tentu memerlukan berbagai persiapan. Salah satunya adalah pengelolaan keuangan yang baik. Namun, bagi beberapa orang, pengelolaan keuangan memiliki tantangannya masing-masing.
Tantangan dalam pengelolaan keuangan ini menjadi salah satu isu penting dalam pameran industri kreatif Diorama Art & Creative Market pada 15-18 Agustus 2024 di Paris van Java, Bandung. Diorama Art & Creative Market ini merupakan wadah penggiat produk kreatif lokal untuk memperkenalkan karya mereka kepada masyarakat luas sekaligus memajukan industri kreatif lokal di seluruh Indonesia. Lebih dari 50 brand lokal turut berpartisipasi dalam acara ini.
Menurut Corporate Communication Lead Bank Jago, Marchelo, pada rangkaian acara ini, Bank Jago menghadirkan kemudahan bertransaksi melalui Aplikasi Jago. Serta, melakukan kegiatan edukasi keuangan untuk masyarakat yang hadir dalam acara tersebut. "PT Bank Jago Tbk melihat, literasi keuangan dan pengelolaan keuangan yang baik merupakan dasar yang penting bagi setiap orang untuk bertumbuh dan mencapai mimpi finansialnya," ujar Marchelo kepada wartawan, Kamis (15/8/2024).
Merchelo menilai, Diorama Art and Creativ Market, memiliki visi yang sama dengan Bank Jago yang turut mengembankan UMKM. Selain itu, pihaknya menggunakan event ini untuk memberikan edukasi pada masyarakat. Karena, sebagai digital bank, pihaknya harus tetap bertatap muka dengan masyarakat untuk memberikan edukasi bagaimana menggunakan Bank Jago.
"Jadi, hari ini kami memberikan edukasi pengelola keuangan pada komunitas, influencer life style, food blogger dan milenial yang ada di Bandung," katanya.
Pada sesi talkshow dan workshop “Enaknya Atur Uang Sesuai Maumu” pada Diorama Art & Creative Market, Bank Jago mengajak para peserta milenial penikmat produk kreatif lokal untuk menentukan mimpi finansialnya dan
membuat janji kepada diri sendiri untuk mewujudkannya. Caranya dengan mengisi kartu yang disediakan dan menghias cupcake masing-masing dengan tujuan yang ingin dicapai sebagai simbolisasi.
“Tentunya setiap orang ingin bisa mewujudkan financial milestones mereka satu per satu. Untuk
itu, perlu konsistensi dan kedisiplinan dalam pengelolaan keuangan. Upaya mencapai mimpi
finansial ini seringkali terhambat karena berbagai tantangan, salah satunya kesulitan menahan
godaan menggunakan uang untuk keinginan konsumtif,” ujar Community & Brand Activation
Associate Lead Bank Jago Edo Velandika (Dika) yang juga merupakan seorang perencana keuangan yang tersertifikasi (certified financial planner).
Dika membagikan beberapa tips terkait pengelolaan keuangan yang bisa dipersonalisasi atau disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan setiap orang. Menurutnya, setiap orang bisa mulai dengan memiliki perencanaan anggaran atau budget plan yang baik.