Ahad 01 Sep 2024 21:00 WIB

Tim Gabungan, Relawan dan Jabar Bergerak Bersihkan Sungai Leuwibilik Sepanjang 3 Km

Seluruh relawan terjun ke sungai untuk membersihkan sampah yang mengotori Sungai

Ketua Jabar Bergerak Kabupaten Bandung Dine Mutiara dan seluruh relawan terjun langsung ke sungai
Foto: Dok Republika
Ketua Jabar Bergerak Kabupaten Bandung Dine Mutiara dan seluruh relawan terjun langsung ke sungai

REPUBLIKA.CO.ID, CIWIDEY--Jabar Bergerak Kabupaten Bandung berkolaborasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar menggelar River Clean Up di Leuwibilik, Parisjambu, Kabupaten Bandung, Sabtu-Ahad, 31 Agustus-1 September 2024.

Pada Sabtu, tim BPBD Jabar melakukan sosialisasi kesiapsiagaan tanggap bencana. Besoknya pada kegiatan puncak, Jabar Bergerak Kabupaten Bandung bersama Pos Gabungan Siaga Bencana Jawa Barat dan sejumlah komunitas pegiat pencinta lingkungan, menyisir sampah di Sungai Leuwibilik sepanjang 3 Km.

Baca Juga

Menurut Ketua Jabar Bergerak Kabupaten Bandung Dine Mutiara, seluruh relawan terjun langsung ke sungai untuk membersihkan sampah yang mengotori Sungai Leuwibilik. Sampah pun berhasil diangkut ke darat untuk kemudian dibuang ke tempat pembungan akhir (TPA).

“Kegiatan River Clean Up ini merupakan kolaborasi Jabar Bergerak Kabupaten Bandung bersama BPBD Jabar, Pos Gabungan Siaga Bencana Jawa Barat, dan komunitas penggiat pecinta lingkungan. Kita bersinergi untuk tanggap siaga bencana dan melakukan pembersihan sungai 3 km di Leuwibilik, Parisjambu,” ujar Dine, Ahad (1/9/2024).

Dine berharap, kegiatan River Clean Up bisa menjadi tonggak awal kegiatan yang dapat menginspirasi warga sekitar bantaran sungai untuk menjaga kebersihan lingkungan. Juga tidak membuang sampah ke sungai, menjadikan sungai menjadi pusat kehidupan, ekosistem yang sehat.

“Harapannya kedepan Warga bisa menikmati alam yang bersih , indah, sehat, bahagia, sehingga bisa meningkatkan kualiatas hidup masyarakat dan berpotensi menjadi destinasi wisata yang sangat baik di Kabupaten Bandung ,” kata istri Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan ini

Dine mengucapkan terima kasih kepada semua elemen relawan dan simpatisan yang berkerja bersama membersihkan sampah yang mencemari Sungai Leuwibilik. “Semoga segala kebaikan mendapat ganjaran pahala berlimpah dari Allah SWT,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement