Selasa 01 Oct 2024 10:16 WIB

Sempat Molor, Rumah Deret Tamansari Segera Bisa Dihuni

Total kepala keluarga yang akan mengisi rumah deret mencapai 198 kepala keluarga

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Warga RW 11 yang mendukung pembangunan Rumah Deret Tamansari melakukan aksi di halaman Rumah Deret Tamansari, Kota Bandung, Jawa Barat
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Warga RW 11 yang mendukung pembangunan Rumah Deret Tamansari melakukan aksi di halaman Rumah Deret Tamansari, Kota Bandung, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG-- Rumah deret Tamansari, Kota Bandung segera bisa dihuni oleh masyarakat yang tinggal di lokasi tersebut sebelumnya pada Oktober tahun 2024. Mereka akan beralih ke rumah deret Tamansari secara bertahap hingga Desember tahun 2024.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Bandung Rizki Kusrulyadi memperkirakan rumah deret Tamansari yang dibangun sejak tahun 2020 dapat diisi pada Oktober tahun 2024. Pengisian rumah deret tersebut oleh masyarakat dilakukan bertahap. "Insya Allah dalam Oktober ini bertahap pemindahan ke rumah susun," ujar Rizki, Selasa (1/10/2024).

Baca Juga

Rizki mengatakan, mereka yang akan mengisi rumah deret merupakan warga yang menyetujui pembangunan rumah deret tersebut. Mereka akan dipindahkan mulai dari Oktober, November dan Desember tahun 2024. "Jadi tentunya kita akan mendahulukan yang mereka pada waktu itu di bulan Oktober. Jadi secara bertahap mulai Oktober sampai seterusnya," kata Rizki.

Setelah mereka pindah, Rizki menyebut warga tidak akan lagi diberi uang sewa untuk mengontrak. Selama proses pembangunan rumah deret, warga yang sebelumnya tinggal di lokasi diberi kompensasi uang untuk mengontrak.

Ia menyebut total kepala keluarga yang akan mengisi rumah deret mencapai 198 kepala keluarga. Pihaknya pun menyiapkan sejumlah kebijakan selama proses pemindahan warga ke rumah deret tersebut termasuk uang sewa.

"Mereka nanti langsung harus bayar uang sewa atau gratis beberapa tahun ya itu nanti itu kan semua segala satunya kan ada dasar hukumnya nanti ya seperti itu nanti ada mekanismenya akan dibuat," kata dia.

Sebelumnya, pembangunan rumah deret Tamansari sempat molor dari target yang direncanakan selesai tahun 2020 menjadi tahun 2024.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement