Jumat 11 Oct 2024 19:16 WIB

Gempa Bumi Magnitudo 2,8 Dirasakan di Garut Akibat Sesar Garsela

Gempa bumi dirasakan di wilayah Pasirwangi, Kertasari, Pacet, Ibun Kabupaten Bandung

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Gempa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Gempa bumi magnitudo 2,8 dirasakan di wilayah Kabupaten Garut dan sekitarnya, Jumat (11/10/2024) sekitar pukul 16.35 WIB. Titik gempa berada di darat pada jarak 15 kilometer barat laut Kabupaten Garut dengan kedalaman 8 kilometer.

"Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 2,8," ujar Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu, Jumat (11/10/2024).

Baca Juga

Teguh mengatakan gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Garsela. Hingga pukul 16.53 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan aktivitas gempa bumi susulan.

Menurut Teguh, gempa bumi dirasakan di wilayah Pasirwangi, Kertasari, Pacet dan Ibun, Kabupaten Bandung. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Namun, hingga saat ini belum terdapat laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi. "Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata dia.

Ia mengimbau masyarakat memperoleh informasi resmi hanya bersumber dari BMKG. Teguh mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan di masa peralihan musim. Teguh mengatakan saat ini Jawa Barat sudah memasuki musim peralihan ke musim hujan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement