Ahad 13 Oct 2024 18:35 WIB

Kota Bogor dan Sekitarnya Diguncang Gempa Tiga Kali Sehari

Dua gempa bumi dirasakan masyarakat.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Karta Raharja Ucu
Gempa Bumi - Ilustrasi
Foto: EPA/NESTOR BACHMANN
Gempa Bumi - Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wilayah Kota Bogor hari ini, Ahad (13/10/2024) tiga kali diguncang gempa. Gempa bumi pertama berkekuatan magnitudo 2,8 mengguncang wilayah Kota Bogor sekitar pukul 10.20 WIB, Ahad (13/10/2024). Titik gempa berada di darat pada jarak 21 kilometer barat daya Kota Bogor dengan kedalaman 14 kilometer.

"Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 2,8," ucap Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu, Ahad (13/10/2024).

Teguh menuturkan gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif wilayah setempat. Hasil monitoring hingga pukul 10.45 WIB menunjukkan telah terjadi tiga kali kejadian gempa bumi di lokasi yang berdekatan, dua di antaranya dirasakan masyarakat.

Getaran gempa bumi dirasakan beberapa orang di wilayah Pamijahan dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Namun, hingga kini belum didapati laporan mengenai kerusakan bangunan.

"Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement