Senin 28 Oct 2024 07:20 WIB

Sisa Bakaran Sampah Ditinggalkan, Kambing dan Kandangnya jadi Arang

Api diduga berasal dari pembakaran sisa pakan kambing berupa rumput kering

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Kebakaran (Ilustrasi)
Foto: Dok Damkar Kabupaten Kuningan
Kebakaran (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON--Sebuah kandang beserta lima ekor kambing yang ada di dalamnya hangus terbakar akibat sisa bakaran sampah yang ditinggalkan begitu saja oleh pemiliknya. Peristiwa itu terjadi di Blok IV RT/RW 001/010 Desa Gegesik Kidul, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, Ahad (27/10/2024).

Kabid Pemadaman Penyelamatan, dan Sarana Prasarana (PPSP) Disdamkarmat Kabupaten Cirebon, Eno Sujana, mengatakan, pihaknya langsung meluncur ke lokasi saat menerima laporan adanya kebakaran kandang kambing di Desa Gegesik Kidul. ‘’Saat tiba di lokasi, api masih besar dan petugas kami langsung melakukan pemadaman,’’ ujar Eno.

Baca Juga

Setelah api dinyatakan padam, petugas Damkar melanjutkannya dengan proses pendinginan. Hal itu untuk memastikan tidak ada bara api yang bisa menyala kembali. ‘’Api diduga berasal dari pembakaran sisa pakan kambing berupa rumput kering yang berada di depan kandang, yang kemudian menjalar ke bawah kandang,’’ kata Eno.

Eno mengatakan, berdasarkam keterangan pemilik kandang kambing, Samsi, api berasal dari aktifitas membakar sisa pakan ternak di sekitar kandang. Setelah itu, pemilik kandang meninggalkan bakaran sampah itu dalam keadaan masih ada asap.

‘’Faktor cuaca yang panas dan tiupan angin yang kencang akhirnya membuat api membesar dan menyebabkan kebakaran pada kandang hingga menghanguskan lima ekor kambing yang berada di dalam kandang,’’ kata Eno.

Akibat peristiwa itu, pemilik kandang mengalami kerugian sekitar Rp 15,5 juta. Eno pun mengimbau masyarakat untuk mewaspadai segala hal yang bisa memicu terjadinya kebakaran. Apalagi, saat ini cuaca panas disertai angin kering yang bertiup kencang. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement