Selasa 17 Aug 2021 17:05 WIB

Bupati Garut Minta Maaf Penanganan Covid-19 belum Optimal

Bupati Garut minta maaf atas pelayanan penanganan Covid-19 yang dirasa belum optimal

Rep: Bayu Adji P/ Red: Esthi Maharani
Bupati Garut, Rudy Gunawan
Foto: Diskominfo Garut.
Bupati Garut, Rudy Gunawan

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Ke-76 Republik Indonesia (RI), secara terbatas di Lapangan Sarana Olahraga (SOR) Kerkhof, Kecamatan Tarogong Kidul, Selasa (17/8). Dalam upacara itu, Bupati Garut Rudy Gunawan bertindak selaku inspektur upacara.

Rudy menyampaikan, bahwa pelaksanaan HUT ke-76 Indonesia tetap harus disyukuri, meski dilaksanakan secara virtual dan langsung terbatas. “Setidaknya kita masih diberikan kesehatan sehingga kita masih bisa merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, meskipun dengan keterbatasan sehingga harus dilaksanakan secara virtual kepada tokoh masyarakat, dan masyarakat umum," kata dia.

Dalam pidatonya, Rudy mengajak untuk berjuang bersama-sama untuk mengatasi situasi sulit seperti saat ini. Apalagi saat ini telah muncul beberapa varian baru Covi-19 yang memiliki tingkat penularan lebih cepat dan lebih beresiko yang menyebabkan kematian.

Ia menyebutkan, di Kabupaten Garut, hingga tanggal 13 Agustus 2021 tercatat ada 23.886 kasus terkonfirmasi positif Covid-19. "Khususnya dalam dua bulan terakhir telah terjadi outbreak gelombang kedua, yaitu pada bulan Juni 2021 mencapai 8.247 kasus. Sementara itu, jumlah meninggal dunia akibat Covid-19 sampai sekarang lebih dari 1.400 kasus atau case fatality rate-nya mencapai 4,7 persen," kata dia.

 

Rudy meminta maaf kepada masyarakat atas pelayanan penanganan Covid-19 yang dirasa belum optimal. Meski demikian, penerapan PPKM mulai berdampak positif dalam menekan kasus Covid-19 di Kabupaten Garut.

Ia menyadari, PPKM menimbulkan efek terhadap seluruh aspek kehidupan termasuk kondisi sosial dan perekonomian masyarakat. Namun, ia minta masyarakat memahami bahwa kebijakan yang ditempuh semata-mata demi menyelamatkan nyawa setiap warga masyarakat.

Rudy menegaskan, kesadaran masyarakat menjadi faktor yang menentukan keberhasilan dalam penanganan pandemi Covid-19. Dukungan dari semua pihak dinilai sangat diperlukan agar proses pemulihan kondisi dapat dilakukan secara cepat.

Secara khusus, Rudy juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada jajaran forkopimda dan seluruh tenaga medis di Kabupaten Garut, termasuk unsur-unsur lainnya yang tergabung dalam Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Garut. "Semoga segala kebaikan ketulusan dan keikhlasan dalam menjalankan tugas tercatat sebagai amal ibadah di hadirat Allah SWT," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement