Ahad 23 Jan 2022 16:30 WIB

Bom Mortir Diduga Sisa Perang Dunia ke II Ditemukan di Lembang 

Warga yang tengah bertani menemukan bom mortir itu di belakang pemukiman warga. 

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Kabid Humas Polda Jawa Barat (Jabar), Kombes Ibrahim Tompo.
Foto: Dok Humas Polri
Kabid Humas Polda Jawa Barat (Jabar), Kombes Ibrahim Tompo.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sebuah bahan peledak jenis mortir diduga sisa perang dunia ke II, ditemukan warga di Kampung Cikidang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Ahad (23/1/2022). Lokasi mortir berada di belakang pemukiman warga setempat.

"Diduga bom jenis mortir yang ditemukan oleh masyarakat tersebut sebagai sisa perang dunia ke II, tepatnya dari Pasukan Gerilya Rakyat pada jaman dahulu" ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo, Ahad (23/1/2022).

Dia mengatakan, warga yang tengah bertani menemukan mortir di belakang pemukiman warga. Selanjutnya usai melapor, mortir tersebut ditangani langsung oleh petugas Batalyon B Pelopor Brimob Polda Jabar.

"Kami menindaklanjuti dengan amankan tempat penemuan bahan peledak dan kami langsung menghubungi Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Jabar yang lebih mengetahui tentang bom," ujarnya.

 

Dia menuturkan, posisi mortir masih berada di lokasi saat pertama kali ditemukan dan di area tersebut telah disterilisasi. Selain itu, pihaknya mengimbau, warga agar segera melapor jika menemukan benda mencurigakan.

"Kepada warga sekitar lokasi temuan maupun wilayah desa diimbau agar tidak mendekat sambil menunggu tim dari Sat Brimob Polda Jabar untuk melakukan evakuasi bom tersebut," katanya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement