Jumat 16 Sep 2022 06:14 WIB

Kota Mini, Objek Wisata Berbasis Edukasi Anak di Bandung 

Total wahana bermain di Kota Mini mencapai 24 hingga 30 wahana.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Wisatawan beraktivitas di kawasan wisata Floating Market Lembang, Kabupaten Bandung Barat.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Wisatawan beraktivitas di kawasan wisata Floating Market Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kota Mini yang berada di kawasan objek wisata Floating Market di Lembang, Kabupaten Bandung Barat dapat menjadi salah satu pilihan sebagai wahana edukasi bagi anak-anak. Terdapat berbagai wahana yang dapat mendorong tumbuh kembang anak-anak.

Wahana bermain yang banyak diincar anak-anak yaitu pemadam kebakaran. Anak-anak diajak simulasi untuk memadamkan api yang membakar gedung menggunakan selang air pemadam selama beberapa menit.

Wahana favorit lainnya yang diminati oleh anak-anak perempuan yaitu kelas memasak dan membuat kue. Mereka diajak untuk belajar membuat kue dengan ditemani oleh pemandu. Wahana bermain sebagai polisi pun banyak diminati pengunjung anak-anak. 

Pengelola Kota Mini Suanto mengatakan, wahana bermain menjadi polisi, pemadam kebakaran dan kelas memasak menjadi wahan favorit pengunjung. Mereka diajak untuk belajar langsung cara memasak, menjadi seorang pemadam kebakaran dan polisi.

"Wahana favorit polisi, pemadam kebakaran, cooking class sama mini bakery buat kue," ujarnya saat ditemui belum lama ini.

Dia mengungkapkan, total wahana bermain di Kota Mini mencapai 24 hingga 30 wahana di antaranya juga play ground dan lainnya. Dalam waktu dekat, pihaknya akan membuat wahana baru academy 3D yaitu wahana belajar desain grafis untuk anak-anak.

"Di sini ada bikin cokelat dan candy, belajar jadi barista dan ada sains center. Terbaru outbond untuk dewasa konsepnya seperti ninja warrior," katanya.

Suanto menambahkan, bagi para pengunjung yang hendak ke Kota Mini terlebih dahulu harus membayar tiket masuk sebesar Rp 25 ribu per orang. Tiket tersebut bisa ditukarkan dengan satu cup minuman.

Selanjutnya para pengunjung dapat membeli tiket untuk bermain di wahana-wahana yang tersedia di Kota Mini. Harga tiket tiap wahana bermain bervariasi mulai dari Rp 25 ribu hingga 50 ribu. Terdapat pula resto berbentuk kapal di area Kota Mini.

"Per wahana dari Rp 25 ribu sampai Rp 50 ribu tergantung aktivitas dan menu. Kalau mau main top up dulu terus gesek," ungkapnya.

Suanto mengatakan, para pengunjung pada akhir pekan terbilang ramai sedangkan pada hari Senin hingga Jumat banyak sekolah yang melakukan reservasi. Mereka datang dari berbagai daerah di Indonesia.

"Lebaran Idul Adha (pengunjung) dari Malaysia dan timur tengah, kalau weekend dari Jabodetabek. Musim libur ada dari Sumatera, Lampung dan Palembang," katanya.

Humas objek wisata Kota Mini dan Floating Market Intania Setiati mengatakan, Kota Mini merupakan salah satu wahana di kawasan objek wisata Floating Market. Kota Mini dibuka pada tahun 2017.

"Ini (Kota Mini) salah satu pengembangan spot wisata. Kota mini fokus ke edukasi dan profesi untuk anak-anak," katanya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement