Selasa 20 Dec 2022 06:53 WIB

Saat Beri Pakan Ternaknya, Warga Ini Tertimbun Material Longsor di Sumedang

Pencarian dilakukan hingga pukul 21.30 WIB, tapi korban masih belum ditemukan.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Material tanah longsor dan pencarian korban tertimbun longsoran. (Ilustrasi)
Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Material tanah longsor dan pencarian korban tertimbun longsoran. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Seorang warga di Sumedang Acek (50 tahun) diduga tertimbun material tanah longsor di Kampung Cisepan, Desa Sindulang, Kabupaten Sumedang, Senin (19/12/2022) sore. Korban saat longsor terjadi tengah memberi makan kambing di kandang.

Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Bandung Supriono mengatakan, petugas menerima informasi telah terjadi tanah longsor di Kampung Cisepan, Sumedang. Kantor SAR Bandung langsung memberangkatkan tim rescue ke lokasi.

"Korban sedang memberi makan ternak lalu tiba-tiba terjadi longsor," ujarnya, Selasa (20/12/2022).

Selanjutnya tim SAR gabungan melakukan pencarian di titik yang diduga korban tertimbun material longsor. Proses pencarian menggunakan alat seadanya seperti cangkul.

 

Ia mengatakan, pencarian dilakukan hingga pukul 21.30 Wib. Namun, korban masih belum ditemukan dan akan dilanjutkan hari ini.

Sebelumnya, Dua orang korban banjir disertai lumpur di Desa Sawah Dadap, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang pada Sabtu (17/12/2022) kemarin ditemukan meninggal dunia. Korban berhasil dievakuasi dan dibawa ke Puskesmas Sawah Dadap.

Analis Pencarian dan Pertolongan Basarnas Bandung Joshua Banjarnahor mengatakan tim SAR berhasil menemukan dua korban yang hilang tertimbun oleh lumpur dan material pohon, Ahad (18/12/2022). Dua orang korban tersebut yaitu Dini (40 tahun) dan remaja Syifa (16 tahun).

"Pukul 10.05 WIB terdapat penemuan dua korban pada posisi 400 meter dari lokasi pencarian dalam kondisi meninggal dunia dengan posisi tertimbun oleh lumpur dan material pohon di jalur air," ujarnya, Ahad (18/12/2022).

DIa mengatakan, kedua korban sudah dievakuasi dan dibawa ke Puskesmas Sawah Dadap. Saat ini, petugas masij melakukan assesment untuk memastikan tidak terdapat korban hilang.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement