Selasa 14 Feb 2023 17:37 WIB

Kerja Sama Perguruan Tinggi-Industri dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dinilai Penting 

Perguruan tinggi dan industri juga bisa bekerja sama dalam menciptakan program magang

Talk Show dan Focus Group Discussion (FGD) yang digelar Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah DKI Jakarta di Kampus Esa Unggul Kampus Bekasi beberapa waktu lalu.
Foto: dokpri
Talk Show dan Focus Group Discussion (FGD) yang digelar Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah DKI Jakarta di Kampus Esa Unggul Kampus Bekasi beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Merdeka Belajar Kampus Merdeka dinilai merupakan program yang menjadi tonggak penting dalam memperkuat sinergi antar perguruan tinggi, maupun perguruan tinggi dengan dunia usaha serta industri. Program ini menjadi wadah bagi perguruan tinggi dan industri untuk bekerja sama dan saling membantu memperkuat satu sama lain. 

Kerja sama antara perguruan tinggi dan industri sangat penting dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang Inklusif dan berkualitas. Perguruan tinggi memiliki tugas besar dalam memberikan pendidikan dan penelitian yang berkualitas, serta mempersiapkan lulusan yang siap bekerja dan memahami dunia industri. Sementara industri memiliki tanggung jawab untuk membantu menciptakan lapangan kerja dan memperkuat ekonomi negara.

Melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka, perguruan tinggi dan Industri bisa bekerja sama dalam memperkuat program pendidikan dan penelitian, mempromosikan inovasi dan penerapan teknologi terbaru, serta mempersiapkan lulusan yang siap bekerja dan memahami dunia industri. Ini akan membantu meningkatkan daya saing lulusan dan mempersiapkan mereka untuk menjadi pemimpin di masa depan. 

Kepala LLDikti Wilayah III, Paristiyanti Nurwardani, menuturkan sebagai bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka, perguruan tinggi dan industri juga bisa bekerja sama dalam menciptakan program-program magang dan praktik kerja yang membantu lulusan memperoleh pengalaman praktis dan memahami dunia kerja. 

"Ini akan membantu mempersiapkan lulusan untuk memasuki dunia kerja dengan lebih siap da memahami tantangan-tantangan yang dihadapi oleh industri," katanya dalam Talk Show dan Focus Group Discussion (FGD) yang digelar Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah DKI Jakarta di Kampus Esa Unggul Kampus Bekasi beberapa waktu lalu.

Paris juga menambahkan pada tahun 2022 LLDikti Wilayah III meraih medali emas dalam ajang Anugerah Diktiristek dalam hal fasilitasi kerja sama. Hal ini juga menjadi amunisi kam untuk terus berkolaborasi. 

"Kami menggandeng Universitas Esa Unggul, salah satu kampus terbaik di wilayah II Jakarta sebagai peraih penghargaan antara lain kategori Kerja Sama Internasional Terbaik, Pelaporan Kerja Sama (Lapkerma) terbaik, dan gold winner Kerja Sama dengan Industri terbaik," katanya. 

Pada saat yang bersamaan, Rektor Universitas Esa Unggul Arief Kusuma menuturkan Universitas Esa Unggul dan Kementerian Kominfo berecana akan menandatangani MoU kegiatan Literasi Digital dan pembentukan Pandu Digital yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo yang mana sosialisasinya akan diadakan juga secara masif dan nasional dalam waktu dekat ini.

Mengingat sekarang Universitas Esa Unggul (UEU) telah resmi bekerja sama dengan Arizona State University (ASU) dan Cintana Alliance sejak Mei 2022 lalu demi mewujudkan komitmen EU untuk memberikan pendidikan unggul kepada mahasiswa di seluruh Indonesia dan menjadi world-class university, dalam waktu dekat ini UEU akan memberangkatkan tim mahasiswanya yang menyabet pemenang kategori best of the best di perhelatan Esapreneurship International Competition (EIC) ke NorthCap University (NCU) di India untuk mengikuti Grand Final.

"Nantinya tim mahasiswa yang berhasil menjadi pemenang pada Grand Final EIC yang digelar di NCU ini akan diberangkatran dan dibiayai full oleh Universitas Esa Unggul untuk mengikuti Immersion Program di arizona State University, Amerika Serikat," kata Arief.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement