Ahad 26 Feb 2023 15:01 WIB

PT Taspen Luncurkan Program Kampung Andal di Kabupaten Bandung

Kampung Andal Taspen memamerkan sejumlah produk UMKM binaan PT Taspen.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Nora Azizah
Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan bersama  Direktur Keuangan PT Taspen (Persero) Rena Latsmi Puri dan Asisten Deputi TJSL Kementerian BUMN Edi Eko Cahyono melepas balon saat peresmian Kampung Atas (Andal Taspen) di Kabupaten Bandung, Ahad (26/2/2023).
Foto: Edi Yusuf/Republika
Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan bersama Direktur Keuangan PT Taspen (Persero) Rena Latsmi Puri dan Asisten Deputi TJSL Kementerian BUMN Edi Eko Cahyono melepas balon saat peresmian Kampung Atas (Andal Taspen) di Kabupaten Bandung, Ahad (26/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri atau PT Taspen (Persero) meluncurkan program Kampung Andal Taspen di Lapangan RW 01, Karang Arum, RT 03, Desa Melatiwangi, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Ahad (26/2/2023) pagi. Antusias masyarakat Karang Arum terlihat jelas dari banyaknya warga yang terlibat dalam kegiatan tersebut. 

Sejumlah produk UMKM binaan PT Taspen (Persero) dipamerkan pada ajang tersebut. Belasan lansia terlibat dalam lomba memasak nasi goreng. Anak-anak dan ibu-ibu memamerkan keterampilan dalam bernyanyi dan menari.

Baca Juga

Belasan lansia menunjukkan keterampilan memainkan alat musik degung. Bangunan rumah kolaborasi (ruko) berkonsep kafe untuk UMKM berdiri megah di lapangan Karang Arum.

Semarak acara peluncuran Kampung Andal Taspen semakin meriah dengan kehadiran Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan yang juga merupakan artis ibu kota. Ibu-ibu dan anak-anak berebut swafoto dengan orang nomor dua di Kabupaten Bandung ini. 

Direktur Keuangan PT Taspen (Persero) Rena Larsmi Puri mengatakan Kampung Karang Arum dipilih untuk program Kampung Andal Taspen karena sesuai dengan sasaran program perusahaan. Model Kampung Andal Taspen di Karang Arum yaitu mendirikan rumah kolaborasi berkonsep kafe yang dibangun tahun 2022 lalu. Dengan keunggulan pemandangan Kota Bandung, ia berharap Kampung Andal Taspen di Karang Arum dapat menjadi destinasi wisata lokal.

"Kita melihat di desa ini dengan kontur, posisi, dan titik koordinat kita buat ruko.  Ada sarana yang diminati untuk berkunjung ke sini jadi titik desa wisata, view (pemandangan) itu yang kita jual," ujarnya disela-sela acara peluncuran Kampung Andal Taspen.

Ia berharap keberadaan program tersebut dapat meningkatkan produktivitas masyarakat dan meningkatkan ekonomi masyarakat Karang Arum. Beberapa fasilitas lainnya yang ada yaitu taman dan lapangan serta panggung yang tidak hanya dapat digunakan oleh lansia. Namun, kini dimanfaatkan oleh milenial.

Rena melanjutkan sebanyak 16 pelaku UMKM di Karang Arum dilakukan pembinaan sejak ditunjuk menjadi Kampung Andal Taspen. Selain itu, perusahaan pun memberikan kemudahan modal untuk mereka.

Ke depan, ia mengatakan perusahaan akan meluncurkan Kampung Ulos di dekat Danau Toba, Sumatera Utara. Termasuk meluncurkan desa ketahanan pangan di salah satu wilayah di Pulau Jawa dengan harapan menurunkan ongkos produksi saat menanam.

Plt Asisten Deputi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN Edi Eko Cahyono mengatakan Kementerian BUMN melalui kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan Menteri BUMN Erick Thohir menekankan program-program sosial perusahaan BUMN dirasakan dampaknya oleh masyarakat. Program tersebut diprioritaskan pada tiga bidang yaitu pendidikan, lingkungan dan pengembangan UMKM. 

"Kita lihat program (Taspen) inline dengan itu, sehingga kita dorong mulai dari bagaimana proses persetujuan anggaran keseluruhan dari perusahaan, kita memonitor dan mengukur dampaknya," katanya.

Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan mengapresiasi program Kampung Andal Taspen di Karang Arum. Ia mengatakan, program tersebut wujud dari kerja sama pentahelix dan riil dilakukan di masyarakat. 

"Saya mengimbau fasilitas yang diadakan dan program baik ini disesuaikan kultur yang ada dan melibatkan banyak komponen salah satunya lansia dirawat dengan baik," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement