Selasa 28 Feb 2023 08:17 WIB

Sepeda Listrik Sewaan Beam Gelar Pelatihan Berkendara Aman

Armada sepeda maupun skuter elektrik Beam merupakan alternatif transportasi yang aman

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Agus Yulianto
Sejumlah warga mengendarai sepeda listrik di pedestrian Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu (24/12/2022). Fasilitas sepeda dan skuter listrik yang tersebar di 100 titik di itu menjadi transportasi alternatif ramah lingkungan bagi warga yang ingin berwisata keliling Kota Bogor. Republika/Putra M. Akbar
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah warga mengendarai sepeda listrik di pedestrian Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu (24/12/2022). Fasilitas sepeda dan skuter listrik yang tersebar di 100 titik di itu menjadi transportasi alternatif ramah lingkungan bagi warga yang ingin berwisata keliling Kota Bogor. Republika/Putra M. Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR --  Pengelola sepeda listrik sewaan PT Beam, menggelar menggelar Beam Safe Academy untuk pertama kalinya di Kota Bogor. Kegiatan ini merupakan program pelatihan berkendara yang aman secara cuma-cuma bagi pengguna armada listrik Beam.

Country Manager Beam Indonesia Devraj Sathivelu mengatakan, Beam Safe Academy pertama di Bogor dihadiri oleh lebih dari 100 peserta. Beam berharap, untuk dapat melatih hingga 10 ribu pengguna di Bogor melalui program Beam Safe Academy di akhir tahun 2023.

 

photo
Kehadiran sepeda listrik berbayar di Kota Bogor mendapatkan sorotan dari DPRD Kota Bogor. Hal tersebut lantaran kehadirannya dianggap menyalahi Peraturan Daerah (Perda) nomor 1 tahun 2021 tentang Ketertiban Umum (Tibum). - (istimewa)

 

“Keselamatan adalah prioritas utama bagi Beam. Selain menjamin ketersediaan kendaraan yang berfungsi dan memenuhi persyaratan keselamatan yang berlaku di daerah setempat maupun tingkat keselamatan internasional, kami menciptakan Beam Safe Academy untuk membantu pengguna Beam untuk menikmati berkendara dengan kendaraan listrik kami secara aman,” kata Devhraj, Senin (27/2/2023).

Dalam program ini, kata dia, PT Beam mengajarkan pengguna untuk memperhatikan lingkungan sekitar saat berkendara. Serta memastikan pengguna dapat mengoperasikan kendaraan dengan baik setiap saat, dan menggunakan jalan raya sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Instruktur Beam Safe Academy, Lek Senin, mengatakan, Beam Safe Academy menyediakan pembelajaran step-by-step mengenai cara menggunakan kendaraan elektrik, metode parkir yang benar, aturan keselamatan, dan mengingatkan pengguna akan pentingnya mematuhi regulasi yang berlaku. Selain itu, semua peserta juga mendapatkan Beam credits gratis sebagai tanda terima kasih atas partisipasi mereka dalam Beam Safe Academy.

“Banyak peserta Beam Safe Academy di Bogor yang merupakan pengguna pertama dari berbagai kelompok usia. Banyak pula yang mengakui bahwa skuter elektrik Beam sangatlah bermanfaat dan menjadikan perjalanan di dalam kota lebih mudah dan nyaman,” kata Senin (26/2/2023).

Di samping itu, menurut Wakil Ketua Komunitas Bike2Work Bogor ini, armada sepeda maupun skuter elektrik Beam merupakan alternatif transportasi yang aman. Sebab kecepatan maksimumnya hanya 25 kilometer per jam.

Dia menilai, Beam juga memberikan kenyamanan dengan armada yang mudah digunakan serta harga yang tidak mahal. “Jika makin banyak warga yang melakukan perjalanan menggunakan armada Beam dibandingkan dengan kendaraan pribadi, jalan raya di Kota Bogor akan semakin aman, dan tidak macet,” tuturnya.

Salah seorang pengguna Beam yang hadir dalam Beam Safe Academy, Taufik, mengaku telah melihat perkembangan Kota Bogor sejak tahun 90-an. Dari pandangannya, hadirnya Beam menjadi transportasi baru yang sangat baik bagi Kota Bogor. 

“Dengan hadirnya Beam tentu ini akan mengurangi polusi udara untuk Bogor yang lebih go green lagi,” ucapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement