Kamis 02 Mar 2023 23:36 WIB

Kemenag Pastikan Asrama Haji Indramayu Siap Digunakan Layani Jamaah

Kemenag menyebut Asrama Haji Indramayu disiapkan melayani 7.890 calon haji.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Calon jamaah haji (calhaj).
Foto: ANTARA/Dedhez Anggara
(ILUSTRASI) Calon jamaah haji (calhaj).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Asrama Haji Indramayu, Jawa Barat, disiapkan untuk melayani jamaah calon haji (calhaj) pada penyelenggaraan ibadah haji 2023. Kesiapan Asrama Haji Indramayu itu dipastikan Kementerian Agama (Kemenag).

“Asrama Haji Indramayu siap memberikan pelayanan bagi 7.890 calon haji Jawa Barat, baik saat keberangkatan maupun kepulangan,” ujar Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Saiful Mujab di Jakarta, Kamis (2/3/2023).

Saiful menjelaskan, penggunaan Asrama Haji Indramayu itu menyusul terbitnya persetujuan dari otoritas umum penerbangan sipil Arab Saudi (GACA) terkait pemanfaatan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka, untuk embarkasi haji.

Menurut Saiful, rencananya BIJB Kertajati dan Asrama Haji Indramayu digunakan oleh calhaj asal Kabupaten Majalengka, Kuningan, Indramayu, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Subang, dan Sumedang.

Saiful mengatakan, pada 11 Februari 2023, Kemenag menggelar rapat koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kementerian Perhubungan, Kementerian Hukum dan HAM, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Otoritas Bandara, Angkasa Pura, serta perwakilan BIJB.

Dalam rapat koordinasi itu dibahas persiapan penggunaan BIJB Kertajati untuk embarkasi, juga Asrama Haji Indramayu. Menurut Saiful, pada rapat itu juga dilakukan simulasi pelayanan untuk keberangkatan dan kepulangan jamaah haji.

“Jadi, kita juga sudah melakukan simulasi proses layanan, mulai dari teknis penyambutan, pembagian gelang identitas, kesiapan lahan parkir di Asrama Haji Indramayu, hingga kesiapan rute dan fasilitas bandara,” kata Saiful.

Menurut Saiful, pihak GACA meninjau langsung kesiapan Asrama Haji Indramayu dan Bandara Kertajati pada 15 Februari 2023. GACA melakukan pengecekan ulang sejumlah catatan fasilitas bandara dan asrama yang pernah disampaikan dalam peninjauan sebelumnya.

Alhamdulillah, GACA sudah melihat langsung fasilitas yang ada dan mereka menyatakan sudah clear untuk pemberangkatan jamaah haji melalui embarkasi Kertajati,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement