Kamis 09 Mar 2023 15:49 WIB

Bunga Edelweis di Rancaupas Kembali Ditanam

Bunga edelweis kembali ditanam oleh para pegiat lingkungan dan petani.

Rep: Fergi Nadira / Red: Agus Yulianto
Petugas Perhutani menanam bibit bunga lagi di Ranca Upas di jalur yang dirusak komunitas trail.
Foto: Dok Perhutani
Petugas Perhutani menanam bibit bunga lagi di Ranca Upas di jalur yang dirusak komunitas trail.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gabungan beberapa pegiat lingkungan melakukan upaya menanam kembali tanaman bunga rawa (edelweiss) yang rusak akibat kegiatan tour motor trail beberapa waktu lalu. Petani sebelumnya sempat murka karena ribuan bunga edelweis langka rusak akibat dilindas lebih dari seratus motor trail di kawasan Rancaupas, Kabupaten Bandung.

"Gabungan beberapa pegiat lingkungan dalam upaya pemulihan lahan yang sempat rusak dampak event offroad di Rancaupas," kata salah satu penanam bunga edelweis dalam video di TikTok @willy_koboy, seperti dikutip pada Kamis (9/3/2023).

Dalam video tersebut, terlihat beberapa orang bergotong royong menanam bunga edelweis di tengah mendungnya cuaca. Dalam narasinya, pengunggah video mengatakan, bunga edelweis kembali ditanam oleh para pegiat lingkungan dan petani.

"Edelweis yang kemarin sempat rusak langsung ditanam kembali," kata narasi video tersebut.

Sebelumnya, kawasan Rancaupas hingga pada hutan lindungnya dijadikan jalur perlombaan komunitas motor trail di Bandung. Para peserta dikatakan membayar untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Jalur Rancaupas ini merusak bunga langka hingga mengganggu jalur perkemahan di sana. Kegiatan motor trail kemudian mendapat banyak kecaman utamanya oleh Pemerintah Kabupaten Bandung, yang namanya dicatut oleh panitia tanpa izin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement