Jumat 10 Mar 2023 23:12 WIB

Sambut Ramadhan, Masyarakat Tasik Antusias Ikuti Festival Seni di Ponpes Romhul Huda

Festival seni tersebut diisi dengan penampilan tarian, marawis dan lain-lain.

Sejumlah santri menggelar kegiatan festival seni di Pondok Pesantren (Ponpes) Romhul Huda, Tasikmalaya, Jawa Barat pada Jumat (10/3/2023).
Foto: Dok. Sdg
Sejumlah santri menggelar kegiatan festival seni di Pondok Pesantren (Ponpes) Romhul Huda, Tasikmalaya, Jawa Barat pada Jumat (10/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Sejumlah santri menggelar kegiatan festival seni di Pondok Pesantren (Ponpes) Romhul Huda, Tasikmalaya, Jawa Barat pada Jumat (10/3/2023). Ponpes tersebut tepatnya berlokasi di Kampung Bojongkawung RT 02 RW 03 Desa Sukapancar, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Festival seni tersebut diisi dengan penampilan tarian, marawis, pembacaan puisi, dan nyanyian rebana dari santri dan masyarakat setempat. Ratusan wargw yang turut hadir menyambut antusias kegiatan itu.

Baca Juga

"Alhamdulillah masyarakat sangat antusias ramai dan merasa senang," ujar Koordinator Wilayah SDG atau Santri Dukung Ganjar Jawa Barat Achmad Hakiki.

Dalam kegiatan itu, SDG Jabar juga membawa bantuan berupa alat pengeras suara (sound system). 

Bantuan diberikan untuk menunjang kebutuhan yang diperlukan ponpes dan masyarakat setempat di setiap event keagamaan. Pada kesempatan yang sama, tokoh masyarakat setempat sekaligus pengajar Ponpes Romhul Huda, Enan Suparna mengatakan kegiatan ini bisa memotivasi para santri. 

"Alhamdulillah saya lihat ada pengeras suara sangat dibutuhkan oleh kami. Karena kami setiap ada event seperti ini harus mencari kemana-mana, (Sekarang) sudah punya sendiri," kata dia. 

Kegiatan tersebut juga diselingi dengan sosialisasi sosok Ganjar Pranowo kepada masyarakat setempat. Ganjar sendiri saat ini merupakan sosok yang digadang-gadang akan maju pada Pilpres 2024.

Adapun sejauh ini penetapan 1 Ramadhan 1444 H ini belum ditetapkan oleh pemerintah. Namun, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1444 Hijriah jatuh pada 23 Maret, 1 Syawal atau Idul Fitri jatuh pada 21 April, sedangkan 1 Dzulhijah pada 19 Juni sehingga Idul Adha jatuh pada 28 Juni 2023.

"Awal Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1444 Hijriah berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah," kata Sekretaris PP Muhammadiyah Muhammad Sayuti seperti dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement