Ahad 12 Mar 2023 15:06 WIB

Dikira Kucing, Warga Tasikmalaya Temukan Bayi dalam Kantong Plastik

Bayi yang ditemukan dalam kantong plastik itu dibawa ke puskesmas dan dirujuk ke RSUD

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Bayi.
Foto: AP/VOA
(ILUSTRASI) Bayi.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA — Bayi perempuan di dalam kantong plastik ditemukan di wilayah Kampung Bojongnangka, Kelurahan Sukamenak, Kecamatan Purbaratu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Bayi tersebut diperkirakan baru dilahirkan.

Warga menemukan bayi yang terbungkus kantong plastik itu pada Sabtu (11/3/2023) malam. Menurut warga sekitar, Yadi, bayi itu pertama kali ditemukan oleh istrinya, pada Sabtu, sekitar pukul 19.30 WIB. 

Ketika itu, istrinya melihat ada kantong plastik berwarna hitam di dekat toilet yang berada di luar rumah. Ternyata isinya bayi. “Langsung dibawa ke puskesmas. Ditemukan di dekat toilet (di luar rumah),” kata Yadi.

Petugas Puskesmas Purbaratu, Uken Sukendarsih, mengatakan, saat pertama kali datang, kondisi bayi itu seperti kedinginan. Badannya membiru. Petugas di puskesmas kemudian langsung memberikan pertolongan pertama. “Alhamdulillah, bayinya sudah menangis,” ujar dia.

Menurut Uken, berdasarkan keterangan warga, bayi itu ditemukan dalam sebuah kantong plastik yang terikat. Warga awalnya mengira kantong plastik itu berisi kucing karena bergerak-gerak. Namun, saat dibuka, terdapat bayi di dalamnya. 

Uken mengatakan, bayi itu diperkirakan lahir prematur. Pasalnya, bayi berjenis kelamin perempuan itu hanya memiliki berat sekitar 1,5 kilogram. Menurut dia, bayi tersebut sudah dirujuk ke RSUD dr Soekardjo, Kota Tasikmalaya, karena membutuhkan penanganan lanjutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement