Jumat 17 Mar 2023 15:12 WIB

66 Warga Kota Sukabumi Dapat Beasiswa Kuliah di Nusa Putra University

Beasiswa Wali Kota Sukabumi untuk pendidikan tinggi sudah tiga kali digulirkan.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
Penyerahan Beasiswa Wali Kota Sukabumi untuk pendidikan tinggi di Universitas Nusa Putra (Nusa Putra University), Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (17/3/2023).
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Penyerahan Beasiswa Wali Kota Sukabumi untuk pendidikan tinggi di Universitas Nusa Putra (Nusa Putra University), Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (17/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi, Jawa Barat, melakukan serah terima calon mahasiswa penerima program Beasiswa Wali Kota untuk kuliah di Universitas Nusa Putra (Nusa Putra University), Jumat (17/3/2023). Tahun ini, ada 66 warga Kota Sukabumi yang menerima Beasiswa Wali Kota.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, 2023 ini merupakan tahun ketiga program Beasiswa Wali Kota digulirkan. “Beasiswa ini untuk ketiga kalinya. Berharap banyak motivasi dalam mendorong peningkatan SDM (sumber daya manusia),” kata Achmad Fahmi, saat menghadiri kegiatan serah terima calon mahasiswa yang dilaksanakan di Auditorium Nusa Putra University.

Tahun ini, ada 33 orang dari 33 kelurahan Kota Sukabumi yang mendapatkan beasiswa kategori satu, yaitu full gratis hingga selesai. Adapun 33 orang lainnya mendapatkan beasiswa kategori dua, gratis semester pertama.

Fahmi berharap slogan “satu kelurahan satu sarjana” dapat terwujud dan para penerima beasiswa dapat menjadi duta kelurahan. Karena itu, Fahmi meminta penerima beasiswa dapat belajar dengan sungguh-sungguh, membuat jejaring, serta dapat bermanfaat bagi kelurahannya. “Jangan menyia-nyiakan kesempatan karena tidak semua warga mendapatkan Beasiswa Wali Kota,” ujar Fahmi.

 

Penanggung Jawab Beasiswa Nusa Putra University, Teddy Lesmana, mengatakan, pada tahun ini jumlah pendaftar program Beasiswa Wali Kota Sukabumi mengalami kenaikan 36 persen. Di mana pada 2022 terdata 430 orang yang mendaftar, sedangkan tahun ini 584 pendaftar.

Bahkan, menurut Teddy, setelah masa pendaftaran ditutup, masih ada warga yang mendaftar. Pendaftar terbanyak disebut dari Kecamatan Gunungpuyuh, Citamiang, dan Cikole. “Animo warga sangat tinggi karena dorongan sosialisasi masif, sehingga pendaftar naik,” kata Teddy. 

Teddy mengatakan, para pendaftar menjalani dua seleksi, yakni seleksi kualitatif administrasi dan prestasi nilai rapor dan piagam. Hasilnya, 421 peserta seleksi. Dari seleksi akhir, terpilih 33 penerima beasiswa kategori satu dan 33 orang penerima beasiswa kategori dua.

Rektor Nusa Putra University, Kurniawan, menyampaikan apresiasi kepada Pemkot Sukabumi atas kerja sama beasiswa yang terus terjalin ini.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement