Senin 20 Mar 2023 17:44 WIB

Bekap Dewa United, Persib Bandung Geser Persija Jakarta di Peringkat Kedua Liga 1

Persib berhasil memasikan kemenangan via dua gol yang dicetak Marc Klok dan Robi D.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agus Yulianto
Gelandang Persib Robi Darwis.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Gelandang Persib Robi Darwis.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Persib Bandung memetik tiga poin krusial pada pekan ke-31 Liga 1, Senin (20/3/2023) petang WIB. Melakoni laga kandang di Stadion Pakansari, Bogor, Maung Bandung sukses membungkam Dewa United, 2-1.

Persib Bandung berhasil memasikan kemenangan via dua gol yang masing-masing dicetak Marc Klok dan Robi Darwis. Sementara satu-satunya gol balasan Dewa United dicetak oleh Risto Mitresvski pada babak pertama.

Tambahan tiga angka di laga ini membawa Persib Bandung menggeser Persija Jakarta di peringkat kedua klasemen sementara Liga 1. Dengan koleksi 56 poin dari 29 laga, Persib Bandung unggul dua poin atas Persija Jakarta. Persib Bandung pun masih terpaut 13 poin dengan PSM Makassar, yang kokoh di puncak klasemen sementara.

Tidak hanya itu, kemenangan ini juga menjaga asa Persib Bandung untuk bisa terus bersaing dalam perebutan gelar juara Liga 1. Kendati begitu, Persib Bandung mesti bisa mendapatkan poin penuh di lima laga terakhir sembari berharap PSM Makassar gagal memetik poin di tiga laga terakhir.

 

Jalannya pertandingan

Menjaga asa untuk bisa terus bersaing dalam perebutan gelar juara Liga 1, Persib Bandung mengawali laga ini dengan langsung melancarkan tekanan ke wilayah pertahanan Dewa United. Maung Bandung pun mampu mencatatkan keunggulan pada menit ke-12.

Adalah Mark Klok sukses merobek gawang Dewa United dengan sepakan kaki kanan dari dalam kotak penalti. Sepakan Klok mengarah ke tengah gawang Maung Bandung. Klok berhasil memaksimalkan hasil umpan dari Ciro Alves.

Meski mampu unggul, tim besutan Luis Milla itu berusaha untuk menambah keunggulan. Persib Bandung terus mengendalikan permainan dan melancarkan serangan ke pertahanan Dewa United. Namun, Maung Bandung malah kecolongan pada menit ke-36.

Sebuah serangan balik cepat berujung dengan gol balasan Dewa United. Majed Osman menyodorkan umpan terkahir kepada Risto Mitrevski, yang melakukan overlap ke dalam pertahanan Maung Bandung. Mitrevski kemudian langsung melepaskan sepakan kaki kiri terarah ke sebelah kiri gawang Persib Bandung.

Penjaga gawang Persib Bandung, Teja Paku Alam, gagal mengantisipasi tendangan bek tengah Dewa United tersebut. Maung Bandung, yang berstatus sebagai tuan rumah di laga ini, berusaha untuk lansung merespon gol balasan Dewa United tersebut. Namun, upaya Persib Bandung kerap menemui kegagalan dan skor imbang, 1-1, bertahan hingga babak pertama usai 

Babak kedua belum genap berjalan lima menit, Dewa United sudah harus tampil dengan 10 pemain, Wasit memberikan kartu merah kepada Frendi Saputra lantaran dianggap melakukan pelanggaran keras. Kondisi ini langsung dimanfaatkan oleh Persib Bandung.

Maung Bandung langsung mendapatkan sejumlah peluang emas pada awal babak kedua, termasuk dari sepakan Ciro Alves dari dalam kotak penalti. Namun, peluang itu masih bisa digagalkan oleh penjaga gawang Dewa United, Mohamad Natshir. Pada awal babak kedua, Natshir setidaknya sudah melakukan dua penyelamatan gemilang.

Persib Bandung akhirnya bisa benar-benar memecah kebuntuan pada babak kedua, tepatnya pada menit ke-75. Robi Darwis melihat celah di lini belakang Dewa United dan langsung melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti. Darwis pun sempat melewati penjagaan salah satu pemain bertahan Dewa United.

Aksi ini diakhiri Darwis dengan sepakan mendatar dari sisi kiri kotak penalti Tangsel Warriors, julukan Dewa United. Natshir terlambat mengantisipasi sepakan Darwis tersebut dan bola bersarang di pojok kanan bawah gawang Dewa United.

Skor, 2-1, untuk kemenangan Persib Bandung tetap bertahan hingga laga di Stadion Pakansari, Bogor, ini berakhir. Kemenangan ini mengantarkan Maung Bandung ke jalur kemenangan usai gagal menelan dua kekalahan dan satu hasil imbang di tiga laga terakhir. 

Di sisi lain, Dewa United gagal bangkit dari tren buruk raihan hasil. Di dua laga sebelumnya, tim besutan Jan Riekerink itu menelan satu kekalahan dan satu hasil imbang.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement