Senin 20 Mar 2023 18:30 WIB

Pemprov Siap Relokasi SMAN 8 Garut yang Terkena Proyek Tol Getaci

Pihak SMAN 8 Garut resah akibat belum adanya kepastian terkait jadi tidaknya lokasi.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Sekretaris Disdik Jabar Yesa Sarwed
Foto: Djoko Suceno / Republika
Sekretaris Disdik Jabar Yesa Sarwed

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dinas Pendidikan Jawa Barat siap merelokasi bangunan SMAN 8 Garut di Kecamatan Cilawu setelah ada kejelasan pemetaan pembebasan lahan untuk Jalan Tol Gedebage Tasikmalaya Cilacap (Getaci). Namun, hal tersebut tak mudah karena Disdik Jabar perlu menempuh jalur pembahasan lebih lanjut dengan orang tua siswa di sana. 

"Kemarin, 2 hari lalu sudah ada kejelasan soal hal itu. Awalnya SMAN 8 terdampak proyek Getaci hanya isu, waktu tahun 2019 cuma ada laporan dari Diskimrum ini nanti mau kena pembebasan

cuma itu saja tidak ada site plannya," ujar Sekretaris Disdik Jabar Yesa Sarwed usai menghadiri diskusi Gaspol PWI Pokja Gedung Sate di Citarum Hotel, Kota Bandung, Senin (20/3/2023).

Saat ini, kata Yesa, pihaknya sudah mengetahui site plannya dan lahan SMAN 8 Garut terdampak. "Nah sekarang itu (site plan) sudah muncul, progresnya. Saya minta dari cabang dinasnya dan sekolah menghubungi dinas terkait," katanya.

Untuk realisasinya sendiri, kata Yesa, kalau memang terjadi tahun depan, maka Disdik Jabar mau tidak mau kita harus mencari lahan segera. "Cuma kan yang namanya memindahkan lahan sekolah dan siswa itu tidak mudah. Kalau dari fisik gampang, kita cari tanah  bangun selesai. Di sisi lain,  orang tua dan siswa kan belum tentu, tiba-tiba rumahnya di A pindah ke D," katanya.

Apalahi Garut, kata dia, sekolah itu satu  sampai  33. Terkadang, lokasi salah satu SMA Negeri tidak begitu banyak diketahui banyak orang. "Kadang-kadang tak tahu SMA 20 itu di mana," katanya. 

Ketika ditanya apakah SMA lain yang bakal terdampak Getaci, Yesa tegaskan sekolah terdampak cuma satu yaitu SMAN 8 Garut saja. 

Sebelumnya, pihak SMAN 8 Garut resah akibat belum adanya kepastian  terkait jadi tidaknya lokasi sekolah terkena dampak pembangunan Jalan Tol Getaci, saat ini telah sampai ke Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Diharapkan hal ini bisa membantu pihak sekolah untuk segera mendapatkan kepastian.

"Tadi pagi saya bertemu dengan Pak Gubernur dan saya telah informasikan terkait permasalahan yang dialami pihak SMAN 8 Garut kepada beliau", ujar anggota Komisi V DPRD Jabar, Enjang Tedi, Jumat 17 Maret 2023.

Menurut Enjang, gubernur pun menanggapi hal itu dengan sangat baik. Bahkan, dia berjanji, untuk mencarikan solusi terkait permasalahan yang saat ini dialami SMAN 8 yang kemungkinan harus tergusur yang merupakan dampak pembangunan Jalan Tol Getaci. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement