Senin 20 Mar 2023 22:04 WIB

Galeri Rasulullah di Masjid Raya Al Jabbar akan Dibuka 4 Ramadhan

Untuk melihat Galeri Rasulullah akan dibuka pendaftaran secara daring.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Irfan Fitrat
Masjid Raya Al Jabbar di Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Masjid Raya Al Jabbar di Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Galeri Rasulullah dan sejarah Islam di Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung, Jawa Barat, akan segera dibuka untuk umum. Menurut Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, galeri itu akan dibuka pada bulan Ramadhan.

“Ada Galeri Rasulullah terkait sejarah Islam yang akan dibuka pada hari keempat Ramadhan,” kata Gubernur yang akrab disapa Emil itu di Masjid Raya Al Jabbar, Senin (20/3/2023).

Sebelumnya dijelaskan, salah satu fasilitas yang ada di Masjid Raya Al Jabbar adalah galeri atau museum, yang mengulas sejarah Islam, khususnya di Jabar, juga perjalanan dakwah Rasulullah SAW. Informasi itu disebut disajikan dalam beragam media.

“Pendaftarannya via online, berbayar, sehingga ini menjadi fasilitas edukasi sejarah Islam terbaik,” ujar Emil.

Saat ini, kawasan Masjid Raya Al Jabbar masih ditutup sementara untuk penataan dan pemeliharaan. Penutupan sementara dilakukan sejak 27 Februari 2023. Masjid Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar ini rencananya dibuka kembali pada 1 Ramadhan, menyesuaikan dengan hasil sidang isbat Kementerian Agama.

Untuk mengelola Masjid Raya Al Jabbar, Emil baru melantik 174 pengurus masa bakti 2023-2024. Ia mengatakan, pengurus Masjid Raya Al Jabbar ini terdiri atas unsur pemerintah, ulama, juga aktivis masjid.

Kepada para pengurus Masjid Raya Al Jabbar ini, Emil berpesan untuk memakmurkan masjid ini. “Diharapkan memakmurkan masjid semakmur-makmurnya. Kemudian mempromosikan masjid yang istimewa ini,” ujar Emil.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement