Rabu 22 Mar 2023 17:09 WIB

Masjid Islamic Center Indramayu Pertahankan Tarawih One Day One Juz

Masjid Islamic Center Indramayu memiliki tiga orang imam yang hafal Alquran (hafidz).

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Kompleks Masjid Islamic Center, Indramayu.
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Kompleks Masjid Islamic Center, Indramayu.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Masjid Syekh Abdul Manan Islamic Center Indramayu telah menyiapkan berbagai kegiatan untuk mengisi Ramadhan tahun ini. Salah satunya adalah pelaksanaan shalat tarawih ‘one day one juz’.

Dalam program one day one juz itu, pelaksanaan sholat tarawih dilakukan dengan menerapkan bacaan satu juz Alquran per malam. Hal tersebut memang telah menjadi tradisi dalam pelaksanaan shalat tarawih setiap tahun di masjid kebanggaan masyarakat Indramayu itu.

"One day one juz dalam tarawih memang dipertahankan sebagai identitas Islamic Center Indramayu,’’ kata Staf Sekretariat Islamic Center Indramayu, Ahmad Hammam, saat ditemui di Ruang Sekretariat Masjid Islamic Center Indramayu, Rabu (22/3/2023).

Hamam menjelaskan, untuk memimpin shalat tarawih ‘one day one juz’ itu, Masjid Islamic Center Indramayu memiliki tiga orang imam yang hafal Alquran (hafidz). Mereka akan bertugas mengimami shalat tarawih secara bergantian setiap dua malam sekali.

 

Tak hanya shalat tarawih, Masjid Islamic Center Indramayu juga telah menyusun sejumlah agenda lainnya selama Ramadhan. Di antaranya, kuliah subuh setiap selesai shalat Subuh berjamaah.

Selain itu, diadakan kultum jelang tarawih. Baik kuliah subuh maupun kultum jelang tarawih, dilakukan oleh penceramah yang telah ditetapkan sebelummya.

Setiap selesai tarawih, di Masjid Islamic Center Indramayu juga diadakan pula tadarusan atau membaca Alquran. Dalam kegiatan itu, yang menjadi penanggungjawabnya adalah santri.

Di Islamic Center Indramayu, saat ini terdapat 20 santri muqim. Mereka akan melaksanakan tadarusan bersama masyarakat yang memang ingin mengikuti kegiatan tersebut.

‘’Dalam tadarusan itu, targetnya tiga kali khatam selama Ramadhan,’’ terang Hammam.

Pada 17 Ramadhan, akan diadakan peringatan Nuzulul Quran. Kegiatan tersebut akan diisi dengan ceramah.

Hammam menambahkan, pada sepuluh hari terakhir Ramadhan, Masjid Islamic Center Indramayu juga menggelar sholat malam sekaligus itikaf. Kegiatan tersebut akan dipimpin oleh KH Syaeroji Bilal.

"Dan di malam lebaran Idul Fitri, ada zakat fitrah. Kami bekerja sama Baznas. Kemudian keesokan harinya, diadakan shalat Idul Fitri,’’ ucap Hammam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement