Jumat 24 Mar 2023 17:00 WIB

Antonov 124-100, Pesawat Kargo Terbesar di Dunia, Mendarat di Bandara Kertajati

6 ribu ton kargo yang telah berhasil diberangkatkan dari Bandara Kertajati.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Pesawat kargo terbesar di dunia, Antonov Internasional AN124-100, berhasil mendarat dan lepas landas di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka, pada Rabu, 22 Maret 2023.
Foto: dok. Humas BIJB
Pesawat kargo terbesar di dunia, Antonov Internasional AN124-100, berhasil mendarat dan lepas landas di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka, pada Rabu, 22 Maret 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA -- Pesawat kargo terbesar di dunia, Antonov Internasional AN124-100, berhasil mendarat dan lepas landas di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka, pada Rabu, 22 Maret 2023. 

Kesuksesan dalam melayani operasional penerbangan pesawat terbesar di dunia tersebut merupakan salah satu buktiz 4 Bandara Kertajati memiliki fasilitas dengan kualitas terbaik.

‘’Kesuksesan pendaratan dan lepas landasnya pesawat kargo terbesar di dunia, Antonov AN 124-100, menjadi bukti bahwa fasilitas di Bandara Kertajati sangat mumpuni,’’ ujar Direktur BIJB, Muhamad Singgih, dalam siaran persnya, Kamis (24/3/2023).

Singgih menjelaskan, runway Bandara Kertajati telah comply dengan standar internasional. Karenanya, dengan dimensi runway saat ini, yaitu 3000 x 60, maka Bandara Kertajati mampu untuk mendaratkan pesawat berbadan lebar, termasuk Antonov 124-100.

Pesawat Antonov AN124-100 itu terbang dari Houston dan transit ke Anchorage. Setelah itu transit kembali di Nagoya, Jepang, sampai akhirnya berhasil mendarat mulus di Bandara Kertajati pada Rabu (22/3/2023) pukul 14.41 WIB.

Pesawat Antonov AN124-100 pun sukses lepas landas menuju Senai International Airport, Malaysia,  pada pukul 18.12 WIB.

Pesawat Antonov 124-100 menjadi pesawat kargo terbesar di dunia setelah pesawat kargo Antonov AN 225 Mriya dikabarkan tidak terbang lagi.

Pesawat Antonov 124-100 merupakan pesawat kargo berbadan besar terbesar di dunia buatan Ukraina, yang memiliki kapasitas muatan hingga 150 ton. Sesuai dengan spesifikasinya, komoditas yang diangkut adalah alat berat.

Penerbangan tersebut menjadi penerbangan kargo internasional pertama kali dengan menggunakan pesawat kargo terbesar di dunia, yang terbang melalui Bandara Kertajati. Kelancaran pelayanan operasional Antonov 124-100 di Bandara Kertajati itu juga didukung oleh tim operasional pendukung, baik di sisi udara maupun sisi darat.

‘’Tentunya, kesuksesan ini menunjukkan bahwa Bandara Kertajati mampu melakukan penanganan kargo dengan baik. Mulai dari pemeriksaan kargo, hingga proses labelling security, customs check, dan penempatan barang kargo di area steril yang dilakukan secara baik dan benar,’’ tukas Executive General Manager (EGM) Bandara Internasional Kertajati, Nuril Huda.

Bandara Internasional Kertajati berperan penting untuk mendukung kelancaran arus kargo di area Jawa Barat dan sekitarnya. Dengan kapasitas terminal kargo yang besar, Bandara Kertajati akan berkontribusi untuk terus menjadi magnet ekonomi daerah.

Sepanjang 2022, sudah lebih dari 6 ribu ton kargo yang telah berhasil diberangkatkan dari Bandara Kertajati ke beberapa daerah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement