Sabtu 25 Mar 2023 18:43 WIB

Jabar Waspadai Penyebaran Polio, Minta Kab/Kota Segera Kirim Sampel AFP

Pada 2022 ada 19 daerah di Jabar yang telah memenuhi target pengiriman sampel AFP.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Bayi mendapatkan vaksin polio saat imunisasi.
Foto: Antara/Rosa Panggabean
Bayi mendapatkan vaksin polio saat imunisasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemprov Jabar terus memantau dan mewaspadai kemungkinan potensi penyebaran polio menyusul temuan satu kasus positif di Kabupaten Purwakarta. Ini karena, polio di Purwakarta lebih disebabkan karena gencarnya upaya penemuan.

Menurut Ketua Tim Surveilans Dinkes Jabar Dewi Ambarwati, polio di purwakarta lebih disebabkan karena gencarnya upaya penemuan. Kredit bagi pemda kabupaten saat ini, mengingat pada 2022 Purwakarta tidak mencapai target pengiriman sampel AFP atau accute flaccid paralysis. AFP sendiri, merujuk ke gejala lumpuh layu akut yang dilaporkan.

“Purwakarta termasuk yang tidak mencapai target pengiriman sampel, tapi (kemudian) menggiatkan penemuan AFP di lapangan (dengan pengiriman sampel),” ujar Dewi Ambarwati, Sabtu (25/3/2023).

Dari sampel yang dikirim pada 14 Maret 2023, Dinkes Jabar dan Dinkes Purwakarta mendapatkan laporan hasilnya positif virus polio tipe 2 VDVP. Sampel tersebut dari seorang anak perempuan usia 4 tahun 5 bulan warga Kampung Cadas Bodas, Desa Tegal Datar, Kecamatan Maniis. 

 

Sebelumnya, balita malang datang ke Puskesmas Cimaragas dengan keluhan demam, dan pasien memiliki riwayat gangguan tumbuh kembang sejak usia 2 tahun. Gejala yang terlihat tidak dapat berjalan dan berbicara.   

Target pengiriman AFP nasional tahun 2022 angkanya harus lebih dari 2 sampel per 100 ribu penduduk. Tahun 2023 targetnya ditingkatkan menjadi 3 sampel per 100 ribu penduduk. Penambahan target pengiriman AFP tidak terlepas dari KLB polio di Aceh. 

Sebagai catatan, pada tahun 2022 ada 19 daerah di Jabar yang telah memenuhi target pengiriman sampel, yaitu Kabupaten  Cirebon, Indramayu, Subang, Garut, Kuningan, Tasikmalaya, Bekasi, Bandung Barat, Pangandaran, Majalengka, Sumedang, Ciamis, dan Kabupaten Karawang. Kemudian Kota Cirebon, Sukabumi, Banjar, Kota Bekasi, Kota Bogor, dan Kota Bandung.

“Dari semua sampel tinja yang dikirim tahun 2022 tidak ada yang positif baik virus polio tipe 1,2, maupun 3,” kata Dewi.

Dewi mengimbau, kabupaten/kota yang belum mencapai target pengiriman sampel AFP pada 2023 untuk lebih giat mencari kasus polio di masyarakat dan mengirimkan sampelnya ke provinsi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement