Selasa 28 Mar 2023 17:02 WIB

Stasiun Cirebon Prujakan Buka Posko Angkutan Motor Gratis

Angkutan motor gratis tersedia untuk momen arus mudik dan balik Lebaran.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Bongkar muat angkutan Motor Gratis (Motis).
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
(ILUSTRASI) Bongkar muat angkutan Motor Gratis (Motis).

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON — Stasiun Cirebon Prujakan, Jawa Barat, menjadi salah satu tempat pendaftaran manual program angkutan Motor Gratis (Motis). Program Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang didukung PT KAI itu memfasilitasi warga yang hendak mudik naik kereta dengan membawa motornya.

Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon Takdir Santoso mengatakan, KAI mendukung program dalam upaya menjaga keselamatan pemudik, antara lain dengan menyediakan rangkaian kereta angkutan Motis. Diharapkan program ini pun dapat mengurangi potensi kemacetan saat arus mudik ataupun balik Lebaran. “Dengan menggunakan KA untuk angkutan penumpang maupun barang, kemacetan di jalan raya dapat dikurangi,” kata Takdir, Selasa (28/3/2023).

Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub akan mengintegrasikan angkutan Motis dengan pelayanan KA PSO (Public Service Obligation), yang melayani tiga rute. Mencakup lintas utara dengan rute Cilegon-Jakarta Gudang-Semarang Tawang, lintas tengah dengan rute Jakarta Gudang-Purwosari, dan lintas selatan dengan rute Kiaracondong-Purwosari.

Angkutan mudik Motis rencananya diberangkatkan pada 11-20 April 2023. Sedangkan angkutan balik Motis dijadwalkan pada 25 April-4 Mei 2023. Dengan mengikuti program Motis ini, tarif layanan untuk angkutan motor Rp 0 dan untuk penumpangnya disebut hanya Rp 10 ribu sampai Rp 20 ribu.

 

Pendaftaran program angkutan Motis 2023 dibuka sejak 1 Maret sampai 3 Mei 2023. Pendaftarannya dilakukan secara daring melalui laman mudikgratis.dephub.go.id atau langsung melalui posko Motis yang dibuka di sejumlah stasiun.

Selain di Cirebon Prujakan, posko Motis disebut dibuka di Stasiun Jakarta Gudang, Depok Baru, Tangerang, Bekasi, Cilegon, Kiaracondong, Semarang Tawang, Tegal, Pekalongan, Purwokerto, Kutoarjo, Gombong, Kroya, Sidareja, Purwosari, dan Lempuyangan.

Takdir menjelaskan, selain mendaftar melalui mudikgratis.dephub.go.id yang dilanjut dengan verifikasi langsung di stasiun yang ditunjuk, pendaftar mesti menyiapkan sejumlah persyaratan. Mencakup KTP dan SIM yang masih berlaku, STNK, juga kartu keluarga. Selain itu, kapasitas motor yang akan diangkut kurang dari 200 CC.

“Di Stasiun Cirebon Prujakan, layanan verifikasi dari pendaftar online dan menerima pendaftar manual dilayani dari pukul 08.00 WIB-20.00 WIB,” ujar Takdir.

Informasi seputar angkutan Motis ini dapat dilihat juga di akun media sosial Instagram @motis_2023 atau dengan menghubungi WhatsApp Customer Service Motis 2023 di nomor 0812-1995-8427.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub Djarot Tri Wardhono mengatakan, untuk angkutan Motis tahun ini disiapkan 10.440 slot untuk motor secara gratis dan 46.720 tempat duduk penumpang.

“Diharapkan perjalanan mudik masyarakat lebih terakomodasi dengan baik. Diharapkan dengan adanya program Motis ini, laka lantas (kecelakaan lalu lintas) roda dua dapat diminimalisasi,” ujar Djarot. 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement