Jumat 31 Mar 2023 14:32 WIB

Pemkot Cimahi Siapkan Mudik Gratis Tujuan Semarang dan Solo

Kuota mudik gratis yang digelar Pemkot Cimahi mencapai 450 kursi.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
Program mudik gratis Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi.
Foto: Republika/Muhammad Fauzi Ridwan
Program mudik gratis Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi, Jawa Barat, kembali menggulirkan program mudik gratis momen Idul Fitri. Tahun ini, Pemkot Cimahi menyediakan bus mudik gratis untuk membantu pemudik dengan tujuan Semarang dan Solo, Jawa Tengah.

Kepala Bidang Angkutan Terminal dan PJU Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi Rini Lusi Windarti mengatakan, Pemkot Cimahi menggelar beberapa kali program mudik gratis. Namun, dua tahun terkendala kondisi pandemi Covid-19.

“Tahun 2022 dan tahun 2023 ini ada mudik gratis. Tahun ini menyiapkan delapan bus, dengan kapasitas mencapai 450 kursi lebih,” ujar Rini, saat dikonfirmasi, Jumat (31/3/2023).

Rini mengatakan, pendaftaran untuk mudik gratis ini sudah dibuka sejak awal Maret 2023. Ia menjelaskan, program mudik gratis ini ditujukan untuk warga Kota Cimahi. Untuk keluarga dibatasi kuotanya hanya empat orang, terdiri atas orang tua dan dua anak.

Menurut Rini, kuota mudik gratis ini sudah terpenuhi karena animo tinggi masyarakat. Calon pemudik akan diminta melakukan pendaftaran ulang mulai 3 April 2023.

Rini mengatakan, bus mudik gratis ini akan diberangkatkan pada 19 April 2023 dari halaman kantor Pemkot Cimahi. “(Bus) Lewat utara dan selatan. Dua bus untuk Semarang via Cirebon. Sisanya, enam, ke Solo via Tasikmalaya,” ujar Rini.

Rini mengingatkan calon pemudik yang sudah melakukan daftar ulang untuk mengisi kursi yang disediakan. Apabila pada hari keberangkatan kosong, kata dia, warga yang seharusnya menempati kursi itu tidak akan diperbolehkan mendaftar program mudik gratis berikutnya.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement