Jumat 31 Mar 2023 22:08 WIB

Arus Mudik Lebaran, Tim Kesehatan Disiagakan di Terminal Harjamukti Cirebon

Tim kesehatan akan memastikan kondisi sopir bus angkutan Lebaran.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Terminal Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat.
Foto: Dok Republika
Terminal Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON — Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, Jawa Barat, akan menyiagakan tim kesehatan di Terminal Harjamukti pada momen arus mudik Lebaran 2023. Rencananya tim kesehatan disiagakan mulai H-7 Lebaran.

“Pada masa mudik Lebaran nanti, kami menyiagakan tim kesehatan di Terminal Harjamukti untuk memastikan kru atau pengemudi bus dalam kondisi prima,” kata Sekretaris Daerah Kota Cirebon Agus Mulyadi di Cirebon, Jumat (31/3/2023).

Agus mengatakan, kondisi kesehatan sopir dan kru bus mesti dipastikan, sehingga benar-benar siap membawa kendaraan berpenumpang. Ini demi keselamatan penumpang, juga sopir dan kru bus. Apalagi akan menempuh perjalanan jauh.

Menurut Agus, para sopir bus dan krunya juga mesti dipastikan bebas narkotika, serta tidak dalam pengaruh minuman keras. Karena itu, kata dia, selain pengecekan kesehatan, dilakukan juga tes urine.

 

“Pengemudi juga harus bebas dari narkotika maupun minuman keras. Untuk itu, kami akan terus mengecek untuk mengantisipasi terjadi kecelakaan,” kata Agus.

Selain memastikan kondisi sopir dan kru, Agus mengatakan, petugas Dinas Perhubungan dan kepolisian juga berkoordinasi untuk mengecek kelaikan angkutan umum untuk mudik Lebaran.

Sejauh ini, kata dia, angkutan umum yang sudah dicek di Terminal Harjamukti, Kota Cirebon, kondisinya dinilai laik jalan. “Setelah kami melakukan pengecekan, semua dalam kondisi laik jalan dan pengemudi pun semua prima,” kata Agus.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement