Jumat 31 Mar 2023 23:59 WIB

Dorong Donor Darah saat Ramadhan, PMI Depok Optimalkan Mobile Unit

PMI Depok berkomunikasi dengan komunitas untuk menggencarkan donor darah.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Donor darah.
Foto: ANTARA/Asprilla Dwi Adha
(ILUSTRASI) Donor darah.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK — Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok, Jawa Barat, mengoptimalkan layanan Mobile Unit (MU) saat bulan Ramadhan ini untuk mendorong donor darah. Upaya ini diharapkan dapat menjaga stok darah di PMI Depok untuk memenuhi kebutuhan saat Ramadhan.

“Layanan tersebut rutin dilakukan setiap tahun, jelang dan selama bulan Ramadhan,” kata Ketua PMI Kota Depok Dudi Mi’raz, Jumat (31/3/2023).

Menurut Dudi, sasaran pelayanan MU donor darah itu adalah komunitas, instansi vertikal, dan pihak swasta. Ia mengatakan, layanan mobil ini merupakan salah satu strategi agar donor darah tetap berjalan selama Ramadhan dan stok darah di PMI terjaga.

“Kami bangun komunikasi dengan komunitas, seperti komunitas pencak silat, komunitas motor, komunitas gowes, serta instansi vertikal, seperti TNI, polres, polsek, dan perusahaan swasta lainnya,” kata dia.

Saat Ramadhan, Dudi mengatakan, PMI Depok juga akan bersurat ke gereja untuk pengajuan MU donor darah. “Kami fasilitasi semuanya. Kami ajak jemaat gereja untuk melakukan donor darah demi menyelamatkan sesama,” ujarnya.

Dengan dukungan donor darah dari berbagai kalangan, Dudi berharap stok darah di PMI Depok aman untuk memenuhi kebutuhan jika diperlukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement