Senin 03 Apr 2023 21:57 WIB

Pemkab Bekasi Perbaiki Jalan Ambles di Pintu Keluar Tol Gabus

Anggaran perbaikan jalan ambles di pintu keluar Tol Gabus itu sekitar Rp 15 miliar. 

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Perbaikan jalan.
Foto: Dokumen
(ILUSTRASI) Perbaikan jalan.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat, tengah memperbaiki jalan yang ambles di arah pintu keluar Tol Gabus wilayah Kecamatan Tambun Utara. Kondisi jalan yang ambles itu sebelumnya dikeluhkan masyarakat.

“Perbaikan di akses eksit Tol Gabus ini hanya penanganan sementara saja. Rencana ingin kita rekonstruksi menyeluruh, tapi masih ada beberapa kendala,” kata Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi Henri Lincoln, Senin (3/4/2023).

Menurut Henri, perbaikan sementara ini dilakukan agar masyarakat tetap bisa melintasi ruas jalan tersebut. Ia menjelaskan, perbaikan akan dilakukan pada kedua sisi jalan, hingga mengarah ke Kantor Kecamatan Tambun Utara. Untuk perbaikan sementara ini disebut dialokasikan anggaran sekitar Rp 15 miliar dari APBD Kabupaten Bekasi 2023.

Henri mengatakan, penanganan dimulai dengan meratakan terlebih dahulu jalan yang ambles sedalam 50 sentimeter pada sisi kiri, serta 30 sentimeter sisi kanan. “Fokusnya meratakan dulu agar bisa dilintasi pengguna jalan, setelah itu baru kita perbaiki kembali,” kata Henri.

Camat Tambun Utara, Najmuddin, mengapresiasi pemerintah daerah atas responsnya dalam menangani jalan yang ambles. “Apresiasi juga kepada warga yang telah mendorong perbaikan, sehingga kini alat berat sudah diturunkan,” kata dia.

Menurut Najmuddin, Pemkab Bekasi juga akan melakukan perbaikan di beberapa ruas jalan lainnya. “Seperti Jalan Pulo Puter arah Cibitung, tepi Kali CBL. Kemudian Jalan Jambi arah Jejalen Jaya. Belum lagi jalan-jalan yang lain. Mudah-mudahan tahun ini akan kembali dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi, sesuai perencanaan awal,” ujarnya.

Najmuddin mengimbau pengguna kendaraan berhati-hati ketika melewati ruas jalan yang dalam tahap perbaikan. “Saya mengimbau kepada masyarakat ketika melewati jalan tersebut harus bersabar karena otomatis akan terjadi kemacetan selama proses perbaikan," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement