Kamis 06 Apr 2023 16:20 WIB

XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Data di Jabar 

Lima daerah diperkirakan naik lebih dari 47 persen.  

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
President Director & CEO XL Axiata, Dian Siswarini memberikan bantuan pada Perwakilan Pesantren PPTQ (Pondok Pesantren Tahfidz Al Quran) Assalaam Jawa Barat.
Foto: Istimewa
President Director & CEO XL Axiata, Dian Siswarini memberikan bantuan pada Perwakilan Pesantren PPTQ (Pondok Pesantren Tahfidz Al Quran) Assalaam Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Jaringan data PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) di seluruh Jawa Barat (Jabar) siap menghadapi lonjakan trafik data menjelang mudik lebaran. Selama arus mudik lebaran nanti, XL Axiata telah siap melayani seluruh pelanggan di Jabar. Termasuk, para pemudik yang akan berdatangan dalam waktu dekat. 

Menurut Pj Group Head XL Axiata untuk area Jabar, Arif Farhan Budiyanto, total jaringan 4G XL Axiata di Jabar telah menjangkau lebih dari 4.100 desa/kelurahan, lebih dari 420 kecamatan, dan 19 kota/kabupaten.

“Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, kami memperkirakan, permintaan terhadap layanan data akan mengalami peningkatan yang pesat. Ini terjadi hampir merata di seluruh kota dan kabupaten yang tersebar di provinsi Jabar," ujar Arif Farhan, Kamis (6/4/2023).

XL Axiata, menurut Arif, memperkirakan peningkatan yang signifikan masih akan terjadi di beberapa daerah. Di antaranya, Kabupaten Kuningan hingga 69 persen, Kabupaten Pangandaran 59 persen, Kabupaten Ciamis 50 persen, Kabupaten Tasikmalaya 49 persen, dan Kabupaten Majalengka 47 persen. 

 

Selain meningkatkan kapasitas, kata Arif, pihaknya pun melakukan optimalisasi jaringan dengan melihat pola mobilitas pelanggan dan masyarakat pada periode libur lebaran yang tidak lama lagi.

"Perusahaan juga telah memastikan ketersediaan produk unggulan terpilih di seluruh saluran distribusi, khususnya di toko-toko pulsa yang mudah dijangkau masyarakat,” katanya.

Secara rutin, kata dia, perusahaan terus meningkatkan kualitas layanan di seluruh kota dan kabupaten yang tersebar di kedua provinsi ini. Menurutnya, untuk menjamin kemampuan jaringan dalam menampung lonjakan trafik nantinya, sejumlah langkah strategis telah disiapkan. Antara lain, melalui penambahan kapasitas dibandingkan hari normal biasanya, hingga penerapan teknologi baru. 

"XL Axiata pun menyesuaikan pada tren penggunaan jenis-jenis layanan, terutama layanan data, tradisi mudik, dan pergerakan pelanggan selama liburan panjang Lebaran nantinya," katanya.

Hingga akhir Desember 2022, total BTS di seluruh Jabar ada lebih dari 26.900 BTS, dengan mayoritas BTS 4G. Pembangunan jaringan baru dan fiberisasi akan akan terus berlanjut di sepanjang tahun 2023 ini dan tahun-tahun ke depannya. 

Dalam 2 tahun terakhir, penambahan BTS 4G oleh XL Axiata di berbagai wilayah Jawa Barat telah mencapai lebih dari 7.000 BTS. Termasuk yang tersebar di Kabupaten Bandung sebanyak lebih dari 620 BTS, serta Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Garut masing-masing sekitar 460 BTS. Penambahan ini tentunya disesuaikan dengan tingginya kebutuhan data yang terus meningkat di area tersebut. 

Beberapa titik yang diperkirakan akan mengalami peningkatan trafik penggunaan layanan data sepanjang libur lebaran adalah Kota dan Kabupaten Bandung dan sekitarnya, Bogor, Depok, Bekasi, Garut, Cirebon, Subang, Indramayu, kawasan Puncak, Lembang, hingga Pantai Pangandaran. 

Untuk pusat keramaian, akan terjadi peningkatan di pusat peribadatan seperti sejumlah masjid agung di beberapa kota, pusat perbelanjaan, alun-alun, terminal bus, stasiun kereta api, bandara, hingga sepanjang jalan tol dan non tol yang menghubungan Jawa Barat dan provinsi besar lainnya.

Pelanggan XL Axiata akan banyak menggunakan beragam layanan data, terutama media sosial guna berbagi konten. Pelanggan juga lebih banyak mengakses layanan streaming baik video, musik, maupun gim, yang memerlukan kapasitas besar. Untuk streaming meliputi Youtube, Vidio, dan Spotify. Sementara itu, untuk aplikasi messaging adalah Whatsapp. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement