Sabtu 08 Apr 2023 16:18 WIB

Jelang Lebaran, Satgas Pangan Cek Keamanan Bahan Pokok di Pasar Sederhana

Harga bahan pokok relatif stabil bahkan beberapa di antaranya mengalami penurunan. 

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Satgas Pangan Bareskrim Polri didampingi Polda Jawa Barat dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian memantau ketersediaan bahan pokok di Pasar Sederhana Kota Bandung, Sabtu (8/4/2023). 
Foto: Dok. Republika
Satgas Pangan Bareskrim Polri didampingi Polda Jawa Barat dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian memantau ketersediaan bahan pokok di Pasar Sederhana Kota Bandung, Sabtu (8/4/2023). 

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Satuan Petugas (Satgas) Pangan Bareskrim Polri bersama Polda Jawa Barat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Sederhana, Kota Bandung, Sabtu (8/4/2023). Mereka mengecek keamanan bahan pangan didampingi Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung serta mengecek harga.

Rombongan terlebih dulu berdialog dengan petugas di mobil laboratorium DKPP. Mereka pun mulai langsung mengecek keamanan sejumlah bahan pokok seperti beras, telur, daging ayam dan memantau harga.

Satgas Pangan Bareskrim Polri yang dipimpin Kombes Pol Eka Mulyana  mengatakan petugas melakukan pengecekan keamanan bahan pokok, distribusi dan harga jelang Lebaran 1444 Hijriah. Termasuk memastikan barang tersedia di pasar.

"Jelang hari besar keagamaan, kami turun ke daerah seluruhnya untuk mengecek langsung bagaimana terkait dengan distribusi ketersediaan maupun harga. Tapi harus dipastikan barang-barang pokok penting itu ada di pasar, mulai dari minyak goreng, beras, begitu juga dengan harga," ujarnya didampingi Direktur Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar Kombes Pol Deni Oktaviani.

Setelah memantau harga-harga, dia mengatakan, harga bahan pokok relatif stabil bahkan beberapa di antaranya mengalami penurunan. Kombes Pol Eka yang turut didampingi Kasubdit Indag Polda Jabar AKBP Arief Prasetya mengatakan barang-barang bahan pokok yang dijual di Pasar Sederhana dipastikan aman dan bebas dari zat berbahaya.

"Saya melihat juga langsung pengecekan di lapangan terkait keamanan, kita lihat di sini barang pangan aman semua dikonsumsi dalam keadaan segar," katanya.

Dia berharap, kondisi tersebut dapat dijaga hingga Lebaran dan setelah lebaran. Setelah mengecek bahan pokok, satgas juga akan mengantisipasi terjadi kekurangan stok.

"Kalau misalkan nanti ketersediaan kurang akan berkoordinasi dengan daerah yang surplus. Misalnya bawang merah kurang akan berkoordinasi dengan Brebes, telur kurang koordinasi dengan Blitar yang daerahnya surplus, daging kurang koordinasi dengan Lampung, daerah daerah penghasil bahan pokok itu," ungkapnya.

Direktur Ditreskrimsus Polda Jabar Kombes Pol Deni Oktavianto mengatakan pemantauan bahan pokok akan terus dilakukan hingga Lebaran 1444 Hijriah mendatang. Selain di Pasar Sederhana, ia mengaku rombongan akan mengecek ke Pasar Kosambi dan Kiaracondong.

"Sekarang baru satu di pasar Sederhana Sukajadi, nanti rencana akan ke Pasar Kiaracondong dan Kosambi," ungkapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement