Senin 10 Apr 2023 16:25 WIB

Ridwan Kamil Minta DKM Waspada Modus Ganti QR Code Kotak Amal

Ridwan Kamil meminta DKM rutin mengecek QR code kotak amalnya.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Irfan Fitrat
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengingatkan para pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) agar mewaspadai modus kejahatan terkait kotak amal digital. Baru-baru ini beredar rekaman video seseorang diduga menempelkan stiker QR code pada kotak amal di masjid, diduga untuk keuntungan pribadi.

“Dari sejumlah informasi di media sosial, ada modus baru, yaitu penjahat menempelkan stiker QR code di kotak amal masjid. Sehingga, saat jamaah berniat menyumbang secara digital ke rekening masjid, malah jatuhnya ke rekening penjahat,” kata gubernur yang akrab disapa Emil itu di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (10/4/2023).

Mewaspadai modus serupa, Emil meminta DKM yang memiliki sarana digital untuk kotak amal agar rutin melakukan pengecekan. “Selalu dicek setiap hari dan keamanan ditingkatkan,” kata dia.

Dengan begitu, Emil mengatakan, diharapkan uang sedekah dari jamaah benar-benar masuk ke rekening masjid. “Jangan sampai (sedekah jamaah) pindah ke rekening yang tidak berhak,” kata Emil.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement