Selasa 18 Apr 2023 20:44 WIB

Petugas Gabungan Cek Keamanan Pangan di Pasar Sukabumi

Pengecekan bahan pangan dilakukan di pasar tradisional maupun modern.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
Pasar Pelita, Kota Sukabumi, Jawa Barat.
Foto: Riga Nurul Iman/Republika
Pasar Pelita, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Petugas gabungan di Kota Sukabumi, Jawa Barat, menggencarkan pengecekan bahan atau produk pangan di pasar tradisional maupun modern. Seiring dengan itu, dipantau juga stok bahan pangan menjelang momen Lebaran 2023.

“Kegiatan ini dilakukan untuk memeriksa ketersediaan dan keamanan pangan yang beredar di pasaran,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi Adrian Hariadi, Selasa (18/4/2023).

Selain DKP3, kegiatan tersebut juga melibatkan petugas Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag), Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi, serta jajaran polres dan kodim.

Awal pekan ini, pemeriksaan bahan pangan dilakukan di sejumlah titik. Adrian mengatakan, pengecekan dilakukan oleh tiga tim yang terdiri atas berbagai unsur.

Pengecekan dilakukan, antara lain di Pasar Pelita, Pasar Tipar Gede, serta pasar modern Superindo dan Ramayana. Petugas memeriksa sejumlah hal, seperti kesegaran produk, masa kedaluwarsa, serta kondisi kemasan produk pangan.

Dengan pengecekan ini, Adrian mengatakan, diharapkan masyarakat merasa aman dalam mengonsumsi produk pangan, terlebih saat momen Lebaran.

Ihwal stok bahan pangan strategis, Adrian menyebut masih aman. “Alhamdulillah, untuk ketersediaan pangan sampai dengan dua bulan ke depan masih aman,” katanya.

Kepala Diskumindag Kota Sukabumi Agus Wawan Gunawan mengatakan, petugas dinasnya secara rutin memantau ketersediaan bahan pangan di pasaran. Termasuk memantau kondisi harganya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement