Sabtu 22 Apr 2023 12:39 WIB

PKL di Jalan Cihideung Tasikmalaya Mengeluh Omzet Turun

Sejumlah sampah juga berserakan di kawasan yang baru ditata ulang tersebut.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Agus Yulianto
Suasana Jalan Cihideung, Kota Tasikmalaya. Para PKL kembali berjualan di kawasan itu sejak Senin (20/3/2023).
Foto: Republika/Bayu Adji P
Suasana Jalan Cihideung, Kota Tasikmalaya. Para PKL kembali berjualan di kawasan itu sejak Senin (20/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Hujan yang mengguyur wilayah Kota Tasikmalaya sejak Jumat (21/4/2023) sore membuat suasana malam takbiran di daerah itu tak seramai biasanya. Berkurangnya keramaian masyarakat itu membuat sejumlah pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Cihideung Kota Tasikmalaya mengeluh lantaran pendapatannya berkurang.

Salah seorang pedagang di kawasan itu, Iis (57 tahun), mengatakan, omzetnya pada malam takbiran menurun dibandingkan malam-malam sebelumnya. Pasalnya, sedari sore kawasan itu sudah diguyur hujan.

"Malah ramai kemarin. Sekarang belum banyak yang terjual," kata perempuan yang menjual aneka pakaian itu.

Meski demikian, penjualannya selama menjelang Lebaran mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Pasalnya, saat ini, masyarakat tak lagi takut untuk keluar karena pandemi Covid-19 sudah mereda.

Pedagang lainnya, Andi (35 tahun) juga mengaku, pendapatannya menurun karena malam takbiran hujan. Namun, masih ada sejumlah masyarakat yang belanja saat malam terkahir sebelum Lebaran itu.

"Mungkin karena terakhir, tetap banyak juga yang belanja," kata laki-laki yang menjual sandal dan sepatu itu.

Kebersihan kawasan

Berdasarkan pantauan Republika, ramainya PKL di kawasan Jalan Cihideung membuat jalur pedestrian itu terasa sempit. Tak hanya itu, sejumlah sampah juga berserakan di kawasan yang baru ditata ulang tersebut.

Iis mengatakan, para pedagang akan bertanggung jawab atas masalah kebersihan di kawasan Jalan Cihideung tersebut. Ia menjamin, kawasan itu akan kembali bersih pada hari Idulfitri. 

"Kami kan jualan hanya sampai jam 12 (malam). Setelah itu beres-beres dan bersih-bersih. Kami juga sudah bayar iuran ke warga sekitar untuk membantu membersihkan," kata dia.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah mengatakan, kawasan Jalan Cihideung itu akan langsung dibersihkan setelah para PKL membereskan lapaknya. Ia juga telah menginstruksikan dinas terkait untuk melakukan pembersihan. 

"Nanti malam setelah jam 12, kami akan coba bersihkan. Kami sudah koordinasi dengan Dinas LH. Jadi Lebaran bersih," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement