Ahad 23 Apr 2023 16:30 WIB

Satpol PP Pantau Ketertiban di Tempat Wisata Kota Bandung

Ada lima tempat wisata di Kota Bandung yang jadi fokus Satpol PP.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung Rasdian Setiadi.
Foto: Dok Republika
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung Rasdian Setiadi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung, Jawa Barat, mengerahkan sekitar 450 personel untuk menjaga ketertiban dan ketenteraman saat momen Lebaran 2023. Personel Satpol PP disiagakan memantau sejumlah titik keramaian, salah satunya kawasan tempat wisata.

Kepala Satpol PP Kota Bandung Rasdian Setiadi menjelaskan, personelnya disiagakan di titik-titik keramaian, serta 15 pos pengamanan dan pos pelayanan. Di antaranya di kawasan Alun-Alun Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Jalan Asia Afrika, dan Jalan Sukarno.

Menurut Rasdian, personel Satpol PP disiagakan mulai H-1 Lebaran sampai berakhirnya masa cuti Lebaran. “Selama perayaan Idul Fitri kegiatan Satpol PP ditingkatkan. Anggota Satpol PP mengawasi kegiatan pada titik-titik keramaian,” kata Rasdian.

Salah satu titik keramaian itu kawasan tempat wisata. Rasdian menyebut ada lima tempat wisata utama yang menjadi fokus perhatian Satpol PP.

“Kami mengecek juga kawasan wisata di Kota Bandung, mulai Trans Studio, Kiara Artha Park, Taman Lalu Lintas, Karang Setra, dan Saung Udjo,” katanya.

Selain penjagaan di titik-titik keramaian, Rasdian mengatakan, sejumlah personel Satpol PP berpatroli di jalan-jalan protokol Kota Bandung dan melakukan pemantauan bersama aparat kewilayahan.

Rasdian mengatakan, Satpol PP juga menyiagakan petugas linmas untuk membantu mengurai kemacetan dan kerumunan, serta menjaga ketertiban di sejumlah pasar tradisional, pasar kaget, dan tempat permakaman umum (TPU).

“Kami juga membantu melaksanakan pengamanan bersama kewilayahan ke tempat-tempat permakaman, seperti TPU Nagrog, Rancacili, dan lainnya, antisipasi masyarakat yang akan berziarah,” kata Rasdian.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement