Rabu 10 Apr 2024 10:03 WIB

Liburan Lebaran, Pengunjung Bisa Botram Sambil Melihat Satwa di Kebun Binatang Bandung

Pengunjung diberi area yang dapat digunakan untuk lokasi botram

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Pengunjung beraktivitas di area Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoo), Kota Bandung, Jawa Barat
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Pengunjung beraktivitas di area Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoo), Kota Bandung, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----Libur Lebaran 1445 Hijriah menjadi momen berkumpul bagi seluruh keluarga di Indonesia. Mereka memanfaatkan waktu tersebut untuk melakukan sejumlah kegiatan bersama seperti liburan ke objek wisata di Kota Bandung.

Kebun Binatang Bandung masih menjadi pilihan utama tempat wisata yang dikunjungi wisatawan di Kota Bandung dan wilayah Jabar. Salah satu daya tarik dari objek wisata tersebut, yaitu pengunjung dapat membawa makanan dari rumah dan makan bersama di area Kebun Binatang Bandung.

Baca Juga

Dalam budaya Sunda, tradisi makan bersama tersebut yaitu Botram. Pengunjung diberi area yang dapat digunakan untuk lokasi botram setelah mereka terlebih dahulu melihat satwa-satwa yang ada.

Selain membawa makanan, para pengunjung pun biasanya membawa alas untuk duduk. Bahkan pengelola pun menyewakan alas duduk bagi pengunjung yang ingin botram. "Kita selama Lebaran mempersilahkan botram, jadi pengunjung bebas bawa makanan dari luar bawa perlengkapan barbeque-an," ujar Humas Kebun Binatang Bandung Sulhan Syafii yang akrab disapa Aan, Rabu (10/4/2024).

Aan mengatakan, pihaknya juga menyiapkan penyewaan tikar seharga Rp 15 ribu. Serta fasilitas lainnya yang dapat digunakan pengunjung.

Jelang libur Lebaran, kata Aan, pengelola melakukan perbaikan sejumlah kandang satwa, kolam gajah hingga mempercantik pos tiket. Total kurang lebih terdapat 600 satwa yang berada di Kebun Binatang Bandung. "Satwa terbaru kita satwa yang lahir, ada beberapa ekor terutama burung, Desember kemarin yang datang Harimau Benggala dan Siberia," kata dia. 

Pihaknya juga menyiapkan penambahan personel di momen libur lebaran. Ia menyebut dari total 140 petugas ditambah 20 persen menjadi 160 orang. Tiket sendiri dibanderol Rp 65 ribu di momen Lebaran disertai souvenir saat keluar dari Kebun Binatang Bandung. Ia mengimbau pengunjung tidak memberi makan sembarangan kepada satwa. "Imbauan jangan kasih makan sembarangan," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement