Ahad 23 Apr 2023 21:27 WIB

Jalan Bandung-Lembang Padat Kendaraan, One Way Diterapkan

Titik kepadatan kendaraan di Lembang berada di kawasan tempat wisata.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Arus lalu lintas kendaraan.
Foto: Edi Yusuf/Republika
(ILUSTRASI) Arus lalu lintas kendaraan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cimahi, Jawa Barat, mengatur lalu lintas di jalan raya Bandung-Lembang untuk mengurai kepadatan kendaraan saat momen libur Lebaran 2023. Pada Ahad (23/4/2023), Satlantas melakukan pengaturan dengan memberlakukan skema satu arah (one way) di jalan raya Bandung-Lembang. 

Kepala Satlantas Polres Cimahi AKP Sudirianto mengatakan, skema satu arah tersebut sudah diterapkan sejak pukul 07.00 WIB dari arah Bandung menuju Lembang. Skema satu arah diberlakukan dalam waktu terbatas di titik-titik tertentu ketika terjadi kepadatan kendaraan.

Baca Juga

“Hingga kini telah melaksanakan beberapa kali one way dari arah Bandung ke arah Lembang,” kata Sudirianto di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Ahad (23/4/2023).

Menurut Sudirianto, sejauh ini titik yang menjadi simpul kemacetan (trouble spot) di jalan raya Bandung-Lembang ada di depan lokasi wisata Farmhouse dan The Great Asia Africa.

 

“Sebagai langkah solutif yang diambil, Polres Cimahi mengerahkan pasukan pengaman lalu lintas lebih banyak di titik tersebut untuk mempercepat arus dari Bandung maupun Lembang,” kata Sudirianto.

Selain itu, pihak kepolisian juga mengatur lalu lintas masyarakat yang menyeberang jalan di sekitar kawasan wisata Farmhouse dan The Great Asia Africa.

“Kami melakukan kanalisasi supaya perpindahan masyarakat dari Great Asia Africa ke Farmhouse maupun sebaliknya melewati jalur penyeberangan,” ujar Sudirianto.

Sudirianto mengatakan, volume kendaraan ke kawasan wisata Lembang sudah menunjukkan peningkatan sejak Sabtu (22/4/2023) atau hari pertama Lebaran 2023. Kepadatan kendaraan makin meningkat pada Ahad. 

“Kalau dilihat peningkatan kemeriahan kendaraan 20 persen lebih dibandingkan kemarin. Dengan berbagai pengaturan yang kami lakukan, semoga masyarakat yang ingin berkunjung ke Lembang lancar dan cepat sampai,” kata Sudirianto.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement