Senin 24 Apr 2023 23:59 WIB

Wisatawan Bantu Korban Tenggelam di Curug Larangan Sukabumi

Informasi dari PMI Sukabumi, tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Korban tenggelam.
Foto: Foto : MgRol112
(ILUSTRASI) Korban tenggelam.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Personel Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, membantu memberikan pertolongan pertama kepada sejumlah wisatawan yang dilaporkan tenggelam di Curug Larangan, Senin (24/4/2023). Korban tenggelam dikabarkan ditolong oleh wisatawan lain yang berada di kawasan wisata wilayah Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, itu. 

Ketua PMI Kabupaten Sukabumi Hondo Suwito mengatakan, ada empat orang yang mendapatkan pertolongan pertama. Tiga di antaranya merupakan warga Kota Depok, berinisial F (19 tahun), D (20), dan W. Satu orang lainnya merupakan warga Simpenan, Sukabumi, berinisial A (20).

“Tidak ada korban jiwa pada peristiwa yang terjadi di objek wisata air terjun yang berada di Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, ini,” kata Hondo, Senin.

Berdasarkan informasi dari personel PMI, kejadian berawal saat tiga wisatawan asal Depok berenang sambil berfoto di sekitar air terjun Curug Larangan. Lalu wisatawan berinisial F dilaporkan tenggelam.

 

Kedua rekannya berupaya menolong, tapi malah ikut tenggelam. Melihat kejadian itu, wisatawan berinisial A melakukan pertolongan dan berhasil menyelamatkan mereka.

Namun, diduga akibat kelelahan, A dilaporkan tiba-tiba pingsan dan mendapatkan pertolongan pertama dari personel PMI.

Hondo mengatakan, wisatawan berinisial F kondisinya sehat. Sementara tiga orang lainnya dibawa ke RSUD Palabuhanratu untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

“Seluruh korban selamat. Hanya saja tiga di antaranya harus kami evakuasi dengan ambulans PMI Kabupaten Sukabumi ke rumah sakit karena membutuhkan penanganan medis,” ujar Hondo.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement