Selasa 25 Apr 2023 23:15 WIB

Hendak Menuju Tempat Mempelai Wanita, Rombongan Pengantin Pria Tetiba Terperosok ke Kebun

Unit Damkar diterjunkan untuk mengevakuasi mobil pengantin pria.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi mobil terperosok dan mengalami kecelakaan.
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Ilustrasi mobil terperosok dan mengalami kecelakaan.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Sebuah kendaraan travel yang mengangkut rombongan pengantin terperosok ke kebun yang di bawahnya terdapat jurang di Blok Gardu, Desa Legok Herang, Kecamatan Cilebak, Kabupaten Kuningan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Kepala UPT  Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, Mh Khadafi Mufti, menjelaskan, kendaraan travel jenis Toyota Hiace  bernopol B 7097 SAA itu membawa rombongan pengantin pria dari keluarga Edi Setiadi (60), asal Desa Bojong Sari, Kecamatan Bojong Sari, Tangerang.

Baca Juga

Rombongan itu hendak menuju kediaman pengantin wanita dari keluarga Ekan Jaelani (56) di Kampung Cikoneng, Desa Pamulihan, Kecamatan Subang, Kabupaten Kuningan, Senin (25/4/2023) sore.

‘’Awalnya rombongan akan melalui jalur dari Cipasung, karena sopirnya orang Tanggerang yang tidak tahu medan, diarahkan mengambil jalur dari Ciwaru melewati Kecamatan Cilebak,’’ ujar Khadafi, Selasa (25/4/2023).

Rombongan itu terdiri dari tiga kendaraan, yakni jenis EFV, Fortuner dan Toyota Hiace. Saat sampai di tanjakan Gardu, mobil pertama jenis EFV tiba tiba mengerem mendadak karena tidak kuat menanjak. Otomatis, mobil Fortuner juga ikut berhenti.

Hal itu membuat pengemudi mobil ketiga, yakni Toyota Hiace, merasa kaget saat mobil di depannya tiba-tiba berhenti. Ketika berusaha maju, mobil yang mengangkut 15 penumpang itu tidak kuat dan akhirnya terperosok ke kebun dengan posisi hampir berdiri.

Semula, masyarakat setempat coba membantu menarik kendaraan tersebut. Namun, mereka tidak berhasil menaikkan kendaraan itu sehingga akhirnya melaporkan kejadian tersebut ke kantor UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan.

Petugas pemadam kebakaran yang datang ke lokasi membutuhkan waktu sekitar dua jam hingga  pukul 20.15 WIB untuk mengevakuasi kendaraan tersebut. Upaya evakuasi mengalami hambatan karena kendaraan itu terperosok ke kebun, yang terdapat jurang. Posisinya berada di bawah jalan.

‘’Perlu kehati-hatian dan tenaga ekstra untuk mengangkat/menarik mobil tersebut. Alhamdulillah mobil akhirnya berhasil dievakuasi naik ke jalan raya,’’ tukas Khadafi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement