Rabu 26 Apr 2023 14:45 WIB

Polisi Sikapi Persoalan Sampah di Kawasan Pantai Sukabumi

Wisatawan di kawasan pantai Sukabumi diminta tidak membuang sampah sembarangan.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
Personel Polres Sukabumi memunguti sampah di kawasan Pantai Kadaka, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (26/4/2023).
Foto: Dok. Republika
Personel Polres Sukabumi memunguti sampah di kawasan Pantai Kadaka, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (26/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Ramainya kunjungan wisatawan di kawasan pantai selatan wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, berimbas terhadap volume sampah. Sayangnya, masih ada sampah yang berserakan di kawasan wisata pantai.

Seperti di kawasan Pantai Kadaka, Kecamatan Cikakak. Persoalan sampah itu direspons personel Polres Sukabumi yang melakukan pengamanan di kawasan pantai dengan kegiatan bersih-bersih. Aksi bersih-bersih dilakukan bersama tim SAR Daerah (Sarda) Kabupaten Sukabumi, Rabu (26/4/2023).

Baca Juga

Kegiatan bersih-bersih pantai itu dipimpin perwira pengendali pengamanan Pantai Kadaka, AKP Enjo Sutarjo, yang merupakan kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Sukabumi.

“Aksi bersih-bersih pantai ini sesuai arahan Kapolres Sukabumi kepada semua jajaran pengamanan pantai di kawasan wisata yang ada di Palabuhanratu dan sekitarnya,” ujar Enjo.

Personel kepolisian dan Sarda memunguti sampah di kawasan pantai. Dengan kondisi pantai yang bersih, kata Enjo, diharapkan pengunjung merasa nyaman berwisata. Enjo pun mengingatkan wisatawan di kawasan pantai tidak membuang sampah sembarangan.

Edukasi soal sampah dan kebersihan juga dilakukan di Pantai Karanghawu, Selasa (25/4/2023). Edukasi dilakukan berbarengan dengan kegiatan bersih-bersih di kawasan pantai. Kegiatan itu dilakukan petugas gabungan yang bersiaga di Pos Pelayanan Pantai Karanghawu.

“Kami membersihkan sampah yang berada di Pantai Karanghawu karena sangat kotor dan sampah berhamburan di mana-mana,” ujar Wakil Kepala (Wakapolres) Sukabumi Kompol Septa Firmansyah.

Septa mengatakan, kegiatan bersih-bersih ini merupakan bentuk kepedulian agar wisatawan dapat menikmati wisata pantai dengan nyaman. Hal ini juga diharapkan menjadi bentuk edukasi kepada para wisatawan di kawasan pantai agar tidak membuang sampah sembarangan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement