Rabu 26 Apr 2023 23:53 WIB

Pohon Tumbang di Jalur Mudik Cianjur

Adanya pohon tumbang di jalur mudik Cianjur sempat mengakibatkan antrean kendaraan.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Pohon tumbang.
Foto: Republika/Bayu Adji P
(ILUSTRASI) Pohon tumbang.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR — Sejumlah pohon dilaporkan tumbang di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (26/4/2023). Pohon yang tumbang ke badan jalan sempat menghambat arus lalu lintas kendaraan.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur Rudi Wibowo mengatakan, sejak siang hingga petang turun hujan disertai angin kencang di sejumlah wilayah Cianjur. Kondisi tersebut memicu pohon tumbang di sejumlah ruas jalan.

Baca Juga

“Pohon berukuran besar yang dilaporkan tumbang terdapat di Jalan Arif Rahman Hakim dan Jalan Didi Prawira Kusuma dan dr Muwardi-By Pass yang merupakan jalur mudik yang padat dilalui kendaraan. Tidak ada korban jiwa, namun antrean kendaraannya sempat memanjang,” kata Rudi di Cianjur.

Rudi mengatakan, personel BPBD Kabupaten Cianjur bersama jajaran kepolisian dan TNI, serta relawan, langsung mengevakuasi pohon yang tumbang. Pasalnya, pohon tumbang ke arah jalan yang mengakibatkan arus lalu lintas dari kedua arah terhambat.

Setelah pohon tumbang dievakuasi, Rudi mengatakan, ketiga ruas jalan terdampak sudah bisa kembali dilalui kendaraan. Namun, kata dia, sempat ada hambatan lantaran material pohon masih disimpan di pinggir jalan, sebelum kemudian diangkut jajaran Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur.

“Ketiga jalur yang sempat terputus akibat pohon tumbang sudah dapat dilalui kendaraan secara normal dari kedua arah,” kata Rudi.

Rudi mengimbau pengguna jalan untuk waspada. Terlebih ketika melewati jalur yang dinilai rawan pohon tumbang, seperti ruas jalan Cianjur-Sukabumi di wilayah Kecamatan Gekbrong, ruas jalan nasional di Kecamatan Sukaluyu-Ciranjang, serta di ruas jalan raya Cugenang-Cipanas.

“Di sepanjang jalur tersebut banyak terdapat pohon trembesi dan mahoni berukuran besar dan berusia tua yang rawan tumbang, terlebih saat hujan turun deras disertai angin kencang, sehingga kami minta pengguna jalan berhati-hati,” kata Rudi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement