Ahad 30 Apr 2023 18:52 WIB

Arus Balik, Polisi Imbau Pengendara tak Lempar Koin di Jembatan Sewo

Di Jembatan Sewo, Indramayu, masih ada warga yang menjadi penyapu koin.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Sejumah warga menyapu koin yang dilemparkan pengguna kendaraan di jalur Jembatan Sewo, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Rabu (19/4/2023).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumah warga menyapu koin yang dilemparkan pengguna kendaraan di jalur Jembatan Sewo, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Rabu (19/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU — Warga yang menjadi penyapu uang koin di sekitar Jembatan Sewo, Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, disebut bertambah pada momen Lebaran. Saat arus balik kedua, yang diperkirakan terjadi pada Ahad (30/4/2023) dan Senin (1/5/2023), pengguna kendaraan diimbau tidak melemparkan uang koin untuk para penyapu di Jembatan Sewo.

Perwira Pengendali Pos Pengamanan (Pospam) Jembatan Sewo Ipda Suhari mengatakan, pengendara yang akan melemparkan uang koin biasanya melambatkan laju kendaraan. Melambatnya laju kendaraan itu, kata dia, bisa menghambat arus lalu lintas.

Baca Juga

Selain itu, dikhawatirkan juga potensi kecelakaan lalu lintas. “Kami mengimbau pengguna jalan untuk tidak melakukan tawur (melempar uang) kepada para penyapu,” kata Suhari, Ahad (30/4/2023).

Suhari mengatakan, imbauan tersebut demi alasan keselamatan pengguna kendaraan dan masyarakat. “Kami juga mengadakan patroli yang tujuannya menyambangi masyarakat penyapu tawur dan memberikan imbauan agar mereka tidak berada di jalur hitam atau di tepi jalan,” kata dia.

Menurut Suhari, warga yang menjadi penyapu uang koin itu kerap muncul di sepanjang tahun dan jumlahnya bertambah saat momen Lebaran. Sejauh ini, ia menilai, warga yang menjadi penyapu koin itu kooperatif dengan imbauan petugas, di mana aktivitas mereka diminta tidak sampai menghambat arus kendaraan di jalur Jembatan Sewo.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement