Rabu 10 May 2023 06:38 WIB

Pemkab Garut Anggarkan Rp 269 Miliar untuk Perbaikan Jalan

Ada 180 ruas jalan yang diperbaiki pada 2023. 

Rep: Bayu Adji P/ Red: Agus Yulianto
Masyarakat memajang spanduk sindiran terkait kondisi kerusakan di Jalan.
Foto: Dok. Warga
Masyarakat memajang spanduk sindiran terkait kondisi kerusakan di Jalan.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Pemkab Garut akan melakukan perbaikan ratusan ruas jalan kabupaten pada 2023. Anggaran yang disiapkan untuk perbaikan jalan itu mencapai Rp 269 miliar. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut, Luna Aviantrini, akan ada 180 ruas jalan yang diperbaiki pada 2023. Perbaikan yang akan dilakukan adalah melakukan rekonstruksi untuk 79,5 kilometer jalan, rehabilitasi 62,5 kilometer, serta pemeliharaan 120 kilometer. 

"Anggaran secara keseluruhan itu kita ada Rp 269 miliar, di antaranya ini ada dari Banprov itu yang kita akan gunakan untuk perbaikan jalan," kata dia melalui siaran pers, Selasa (9/5/2023).

Luna mengakui, saat ini, masih banyak masyarakat yang belum bisa menikmati jalan yang baik dan merasa tidak nyaman dalam berkendara. Pasalnya, terdapat 829 kilometer jalan yang menjadi wewenang Pemkab Garut. 

Menurut dia, jalan yang belum tersentuh perbaikan akan diusulkan untuk dilakukan penanganan oleh Dinas PUPR Kabupaten Garut. Ia menilai, masyarakat juga dapat menyampaikan keluhannya mengenai jalan melalui akun media sosial Dinas PUPR Kabupaten Garut. 

"Ya, kalau ada keluhan-keluhan masyarakat ya itu-itu yang akan kita inventarisasi. Apabila bisa dimasukan kepada program tahun ini kita akan masukkan. Kalau tidak memungkinkan dimasukan tahun yang ini, kita coba diusulkan untuk tahun yang akan datang," ujar dia.

Luna mengaku, akan berusaha semaksimal mungkin untuk menanggapi atau merespon keluhan dari masyarakat. Sebab, urusan jalan adalah kewajiban dinasnya untuk melakukan penanganan. 

"Ya tentunya berkaitan dengan kewenangan PUPR ya, kita berusaha semaksimal mungkin, sebaik-baiknya untuk melayani masyarakat, khususnya dalam penyelenggaraan jalan kita semaksimal mungkin," ujar dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement