Rabu 10 May 2023 21:21 WIB

Angkatan Muda Siliwangi Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

AMS melihat ada karakter Sunda dari Ganjar Pranowo.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
Ketua Umum Angkatan Muda Siliwangi (AMS) Noery Ispandji Firman memberikan keterangan soal deklarasi dukungan terhadap Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, Rabu (10/5/2023).
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Ketua Umum Angkatan Muda Siliwangi (AMS) Noery Ispandji Firman memberikan keterangan soal deklarasi dukungan terhadap Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, Rabu (10/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Organisasi kemasyarakatan Angkatan Muda Siliwangi (AMS) resmi mendeklarasikan dukungan terhadap Ganjar Pranowo di pemilihan presiden (pilpres) 2024. AMS menilai, Ganjar Pranowo memiliki karakter Sunda.

Ketua Umum AMS Noery Ispandji Firman mengatakan, keputusan untuk mendukung Ganjar Pranowo sudah berdasarkan pertimbangan matang.

“Keputusan ini tidak mendadak. Ini sudah melalui proses pertimbangan matang karena dari tokoh yang muncul sebagai calon presiden hanya Pak Ganjar yang mengundang kami ke Semarang, tapi kami menolak dan inginnya Pak Ganjar datang ke Jawa Barat,” kata Noery di Kantor AMS, Jalan Braga, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (10/5/2023).

Menurut Noery, pertemuan dengan Ganjar Pranowo terjadi sebelum bulan Ramadhan lalu. Saat itu Ganjar Pranowo belum dideklarasikan sebagai bakal calon presiden (capres) oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Dari komunikasi yang terjalin, Noery mengaku dapat melihat secara matang karakter Ganjar Pranowo. Noery menilai, Ganjar Pranowo memiliki karakter Sunda.

“Saya melihat dalam dirinya kelihatan bukan orang Jawa, tapi merasa Sunda. Kecil kalau bicara Sunda itu suku, tapi Sunda itu karakter yang ada pada diri seseorang. Dalam dirinya sangat tercermin nyantri, nyunda, dan nyakola,” kata Noery.

Menurut Noery, hal itu menjadi dasar bagi AMS untuk menyatakan dukungan terhadap Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. “Itu yang menjadi dasar, selain satu-satu yang ingin bertemu dan masuk ke pemikiran kita,” ujarnya.

Setelah mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo, Noery mengatakan, kader AMS akan menyusun strategi pemenangan hingga ke tingkat desa. Selain itu melakukan konsolidasi pengurus dan melakukan sosialisasi. “(Keputusan) AMS independen,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement