Sabtu 13 May 2023 08:15 WIB

Paseban Grebeg Cirebon Katon 2023 Dorong UMKM dan Ekonomi Kreatif Naik Kelas

Kabupaten Cirebon banyak memiliki kekayaan seni budaya serta produk kreatif. 

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Bupati Cirebon, Imron Rosyadi.
Foto: Dok Diskominfo Kabupaten Cirebon
Bupati Cirebon, Imron Rosyadi.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Bupati Cirebon Imron Rosyadi membuka Pasar Seni Budaya dan Ekonomi Kreatif Cirebon (Paseban) Grebeg Cirebon Katon 2023, di halaman Stadion Ranggajati Sumber, Jumat (12/5/2023). Paseban Grebeg Cirebon Katon merupakan bagian dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke-541 Kabupaten Cirebon sesi kedua. 

Di hadapan masyarakat yang hadir, Imron menyebutkan, di dalam agenda tersebut, turut dilibatkan para pelaku budaya serta ekonomi kreatif. Acara tersebut digelar untuk memberikan akses pasar secara luas bagi masyarakat Kabupaten Cirebon, agar mendapat peran dalam geliat ekonomi yang kini begitu dinamis.

‘’Dalam Paseban Grebeg Cirebon Katon sesi dua ini didalamnya ada kegiatan pasar rakyat, pameran dan pertunjukan seni budaya yang menggabungkan unsur entertainment, exhibition serta kebudayaan,’’ kata Imron.

Selain itu, Paseban Grebeg Cirebon Katon  juga merupakan sebuah festival budaya yang diselenggarakan bersamaan dengan mempromosikan potensi produk ekonomi kreatif. Kegiatan itu juga dikolaborasikan dengan pertunjukan seni sebagai bentuk pelestarian kesenian daerah, sekaligus menjadi daya tarik bagi pengunjung.

Imron berharap, kegiatan tersebut menjadi gelaran yang wajib dilaksanakan setiap tahunnya. Dengan demikian, bisa menjadi wadah bagi pelaku ekonomi kreatif untuk mengenalkan produk-produknya kepada pasar luas.

‘’Kami berharap mudah-mudahan dengan adanya event ini, dapat menjadi penggerak untuk pelaksanaan event-event sejenis kedepannya,’’ tutur Imron.

Imron menambahkan, Kabupaten Cirebon merupakan daerah yang banyak memiliki kekayaan seni budaya serta produk kreatif. Kondisi tersebut membuat peluang dalam memajukan Kabupaten Cirebon, khususnya pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif semakin tinggi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cirebon, Abraham Mohamad, mengimbau kepada seluruh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan ekonomi kreatif untuk menguatkan produknya. "Agar bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas," tukas Abraham. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement