Ahad 14 May 2023 13:31 WIB

Atalia Praratya Jadi Bacaleg Golkar, Ridwan Kamil: Saya tidak Mengarahkan

Atalia mengikuti jejak suaminya, Ridwan Kamil, bergabung dengan Partai Golkar.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Irfan Fitrat
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kedua kanan) didampingi istrinya Atalia Praratya.
Foto: ANTARA/Adeng Bustomi
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kedua kanan) didampingi istrinya Atalia Praratya.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Atalia Praratya resmi menjadi bakal calon anggota legislatif (bacaleg) untuk DPR RI dari Partai Golkar. Ia mengikuti jejak suaminya, Ridwan Kamil, yang sudah terlebih dahulu menjadi bagian partai politik (parpol) dengan lambang pohon beringin itu.

Ditanya soal keputusan Atalia terjun ke dunia politik dan bergabung dengan Partai Golkar, Ridwan Kamil menyebut atas keinginan sendiri. “Saya tidak pernah ngarahin, hanya memberikan plus minus dari keinginannya. Saya tidak maksa,” kata Ridwan Kamil, saat ditemui di Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (13/5/2023). 

Baca Juga

Bagi Ridwan Kamil, istrinya memiliki kapasitas untuk terjun ke dunia politik. “Bu Atalia punya kapasitas sendiri, pintar, pendidikannya lebih tinggi dari saya, gelar doktor, aktivis, jadi memiliki kapasitas sendiri. Selama ini memberikan hidupnya untuk masyarakat dan kemanusiaan,” ujarnya.

Menurut Ridwan Kamil, salah satu tujuan Atalia terjun ke dunia politik dan bergabung dengan parpol agar dapat lebih bermanfaat bagi masyarakat luas. 

“Masuk partai itu punya cita-cita membawa kebermanfaatannya di level kebijakan nasional. Makanya memilih ingin mengabdikan pemikirannya di level nasional. Maka yang paling pas sebagai anggota DPR,” ujar gubernur Jawa Barat itu.

Sebelum memutuskan menjadi bagian dari Golkar dan maju sebagai bacaleg, menurut Ridwan Kamil, Atalia sudah melalui proses berpikir panjang. “Sudah satu tahun (berpikir), cuma menjelang pengumuman lebih intens saja,” katanya.

Sebagai seorang suami, yang juga lebih dahulu terjun ke dunia politik, Ridwan Kamil pun memberikan gambaran kepada Atalia jika nantinya menjadi politisi.

“Kalau politik praktis itu jadi 'makhluk panggung', pasti dikomentari, jadi sudah siap. Bukan makhluk panggung juga, suka dan tidak suka mah ada saja. Saya support, tapi tidak mengarahkan, tidak ada paksaan. Itu sudah hidupnya sendiri, cuma kan harus ada ridha suami,” ujar Ridwan Kamil.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement