Ahad 21 May 2023 10:02 WIB

Komunitas Kicau Mania Sambut Hangat Turnamen Burung Kicau GMP di Cimahi Jabar

Ada tiga kategori jenis burung yang diperlombakan.

Jalannya turnamen burung kicau di Setiamanah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat.
Foto: Dok. Web
Jalannya turnamen burung kicau di Setiamanah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, CIMAHI -- Kelompok yang berasal dari kalangan anak muda bernama GMP mengadakan turnamen burung kicau di Setiamanah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat. 

Ratusan pencinta burung berkicau atau disebut kicau mania ikut serta dalam turnamen yang bertajuk 'Gebyar GMP Kicau Mania' tersebut. 

Baca Juga

Koordinator GMP (Ganjar Muda Padjajaran), Fadhil Syafarmi mengatakan ada sekitar 400 kicau mania yang hadir. Mereka berasal dari berbagai komunitas pencinta burung kicau yang ada di Kota Cimahi. 

"Kami ingin mewadahi semua komunitas, yang mana komunitas burung kicau ini merupakan salah satu yang terbanyak di Cimahi, sehingga akhirnya GMP berinisiatif untuk menggelar perlombaan ini," kata Fadhil, seperti dilansir pada  Ahad (21/5/2023). 

Dia menjelaskan, dalam turnamen itu ada tiga kategori jenis burung yang diperlombakan, yaitu jenis murai batu, kacer, dan jenis kenari. Para juri akan menilai keindahan kicau dan gerakan burung-burung tersebut. 

Relawan yang beranggotakan para anak-anak muda tersebut juga menyiapkan berbagai hadiah menarik untuk para pemenang. 

"Tentunya kami juga terinspirasi dari sosok Pak Ganjar yang ternyata juga suka dengan burung. Oleh karena itu, teman-teman Ganjar Muda Padjajaran menginisiasi acara ini," ujar Fadhil. 

Fadhil melanjutkan, relawan GMP akan terus melakukan 'belanja masalah' di Jawa Barat. Maksudnya, para relawan akan terus mencari masalah yang tengah dialami warga, dan berusaha mencarikan solusinya. 

"Tentu GMP akan terus menebar manfaat untuk masyarakat Jawa Barat, kami tegaskan untuk koordinator-koordinator (GMP) di kabupaten untuk selalu 'belanja masalah' di lingkungannya, untuk bagaimana keberadaan GMP ini bisa dirasakan oleh masyarakat di Jawa Barat," kata dia. 

Beberapa contoh kegiatan selanjutnya, disebutkan Fadhil di antaranya adalah mengadakan renovasi ruangan MCK di salah satu daerah di Garut, hingga perbaikan saluran air di Kabupaten Subang. 

"Kegiatan ini merupakan kegiatan sosial investment, yang mana kegiatan ini sangat berdampak kepada masyarakat yang membutuhkan," ujar dia.

Kegiatan ini selaras dengan sikap dari Koordinator Nasional GMP Rendra Wibawa Setiawan yang ingin pihaknya berguna bagi masyarakat. Itu disampaikan Rendra pada kegiatan halalbihalal pertemuan 27 koordinator daerah kabupaten/kota se-Jabar dan pengurus nasional di Sekretariat GMP, Kelurahan Cisaranten Kulon, Kota Bandung, belum lama ini. 

"Selain itu, kami coba menegaskan arah gerakan ke depan," ujarnya, demikian dilansir dari Antara

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement