Selasa 23 May 2023 20:21 WIB

Bursa Kerja Disnakertrans Jabar, Ada 2.000 Lowongan

Agenda bursa kerja Disnakertrans Jabar digelar 23-24 Mei 2023.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Pencari kerja mendatangi Job Fair Disnakertrans Jabar 2023 di ARS University, Antapani, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (23/5/2023).
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Pencari kerja mendatangi Job Fair Disnakertrans Jabar 2023 di ARS University, Antapani, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (23/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menggelar agenda bursa kerja, 23-24 Mei 2023. Bursa kerja yang diselenggarakan di ARS University, Kota Bandung, ini melibatkan sekitar 25 perusahaan.

“Untuk Job Fair Disnakertrans Jawa Barat Tahun 2023, ada 2.000 lowongan kerja dan data yang dihimpun kami pendaftar atau pencari kerja yang daftar online melalui aplikasi Si Juara ada 3.000-an lebih,” kata Kepala Disnakertrans Provinsi Jabar Rachmat Taufik Garsadi, seusai membuka bursa kerja tersebut, Selasa (23/5/2023).

Baca Juga

Bursa kerja menjadi salah satu upaya Disnakertrans Provinsi Jabar untuk menekan tingkat pengangguran terbuka (TPT). Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), angkatan kerja di Jabar pada 2023 mencapai sekitar 25,40 juta orang, di mana yang bekerja sekitar 23,39 juta orang dan yang menganggur sekitar dua juta orang atau 7,89 persen.

“Apabila dibandingkan dengan data pada tahun lalu, pengangguran di Jawa Barat turun sebanyak 0,46 persen. Namun demikian, angka tersebut masih terbilang tinggi apabila dibandingkan dengan provinsi lainnya,” kata Rachmat.

Menurut Rachmat, ada sejumlah tantangan yang dihadapi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar. Selain jumlah penduduk yang mencapai sekitar 50 juta dan arus migrasi ke Jabar yang cukup tinggi, kata dia, pertambahan jumlah angkatan kerja tidak seimbang dengan pertumbuhan kesempatan kerja.

Disnakertrans Jabar berharap agenda bursa kerja ini dapat memudahkan para pencari kerja. Karenanya, Rachmat mengharapkan kesempatan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.

“Saya juga meminta agar para pencari kerja yang hadir dalam kegiatan ini dapat dilayani dan diberikan kemudahan, serta keleluasaan dalam proses mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing,” kata Taufik.

 

photo
Pencari kerja berada di salah satu stan perusahaan di Job Fair Disnakertrans Jabar 2023, yang digelar di ARS University, Antapani, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (23/5/2023).  - (Abdan Syakura/Republika)

 

Salah seorang warga, Yusuf Suprihatna (18 tahun), mengapresiasi agenda bursa kerja yang digelar Disnakertrans Jabar. “Saya tahu job fair ini dari Instagram Disnakertrans Jawa Barat. Acara ini sangat membantu sekali buat saya, yang memang baru lulus SMK, dan ini daftarnya online di aplikasi Si Juara,” ujar dia.

Untuk mengikuti bursa kerja Disnakertrans Jabar 2023, para pencari kerja diminta mendaftarkan diri melalui aplikasi Si Juara. Aplikasi ini merupakan salah satu inovasi Pemprov Jabar yang berisi berbagai informasi dan layanan ketenagakerjaan.

Di dalam aplikasi tersebut tersedia, antara lain “assessment center” atau layanan tes kepribadian secara gratis, “training center” yang menyediakan berbagai informasi pelatihan, serta “job bank” atau informasi pasar kerja.

Rachmat pun mengimbau perusahaan untuk memanfaatkan aplikasi Si Juara. “Tentunya saya mengimbau kepada para perusahaan dan pencari kerja untuk tidak ragu menggunakan aplikasi ini. Karena, selain sudah terintegrasi dengan aplikasi Sapawarga, penayangan informasi lowongan kerja melalui Si Juara sama sekali tidak dipungut biaya, dengan kata lain gratis,” kata Rachmat.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement