Senin 29 May 2023 16:10 WIB

Ridwan Kamil Lelang Kaus Hasil Karyanya untuk Bantu Santri Korban Kecelakaan Ciamis

Kejadian tersebut membawa keprihatinan semua pihak termasuk Ridwan Kamil.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Foto: Dok Biro Adpim Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Salah santri Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahul Huda Al Abidin di Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis mengalami kecelakaan. Dia menjadi korban terserempet pengendaran motor gede (moge). 

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Benny Bachtiar, kejadian tersebut membawa keprihatinan semua pihak. Termasuk, Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Benny mengatakan, saat di acara Golden Memorial Wingday 2023 HDCI di Kabupaten Pangandaran, Ridwan Kamil secara spontan melukis di atas baju berwarna putih.

"Jadi, Pak Gub spontan buat lukisan di atas kaos dan memang setiap ada kegiatan, kami selalu menyiapkan satu area untuk melukis, nah di acara HDCI juga disediakan," ujar Benny kepada Republika, Senin (29/5/2023).

Benny menjelaskan, saat membuat karya, Ridwan Kamil belum tahu ada kecelakaan. Setelah karya Ridwan Kamil tersebut selesai, inisiatif dari Timnya untuk melelangkan hasil karya tersebut.

"Kita lelangkan, beliau (Pak Emil) bilang oke laku Rp 17 juta, itu awalnya mau disumbangkan semua ke yayasan. Nah, pas selesai acara lagi ngobrol-ngobrol santai Pak Gub dapat informasi bahwa ada kecelakaan," paparnya.

Akhirnya, kata dia, Ridwan Kamil mengintruksikan kepada ajudan agar hasil lelang diberikan juga pada santri yang kecelakaan di Ciamis. "Pak Gub menginstruksikan kepada ajudan agar hasil lelang itu dibagi-dibagi tak hanya untuk yayasan saja. Tapi sebagian disampaikan ke korban," katanya.

Selain itu, kata dia, di acara Golden Memorial Wingday 2023 HDCI pun menyumbangkan puluhan tempat sampah untuk mendukung kebersihan objek wisata.

Benny berharap, event tersebut bisa berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat. Tentunya dengan mengutamakan keamanan dan keselamatan peserta dan warga.

Sebelumnya, menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Benny Bachtiar, Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) menggelar kegiatan 50th Golden Wing Day 33th Aniversary di Kawasan Kampung Turis, Pamugaran, Kabupaten Pangandaran pada 26 - 27 Mei 2023 berdampak positif bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Bahkan, keterisian hotel dan penginapan turut meningkat.

Kegiatan tersebut, dilepas langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada 26 Mei 2023 di Gedung Sate untuk menuju Pantai Pangandaran. Kegiatan ini, dihadiri lebih dari 1.200 peserta berasal dari komunitas Motor HDCI yang hadir dari seluruh Indonesia.

Menurut Benny Bachtiar, peningkatan keterisian Hotel  di seputar Pantai Pangandaran meningkat hingga 71 persen dibandingkan hari biasa. "Sudah penuh, hotel hotel dan penginapan di Pangandaran yang menandakan ekonomi Pangandaran terbantu oleh kegiatan ini” ujar Benny, Senin (29/6/2023).

Disarbud Jabar pun, kata dia, membuat Smiling West Java (SWJ) Paviliun dalam rangkaian kegiatan tersebut. Mengusung tema Road to West Java Festival 2023, SWJ Paviliun menampilkan produk unggulan khas pengusaha lokal Kabupaten Pangandaran. Di antaranya, Batik Dahon, Kayubos, Saung Kalapa, Pengrajin Hata Mitra Saluyu, Silalabak Kopi, Den Bagoes, dan juga menghadirkan ASITA Kabupaten Pangandaran yang menjual paket paket wisata inbound kawasan Pangandaran dan sekitarnya.

Benny mengatakan, SWJ Paviliun hadir Sebagai wujud dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat terhadap berbagai event serta keunikannya, serta sebagai salah satu pra event kegiatan West Java Festival 2023 yang akan dilaksanakan pada Agustus 2023 nanti. 

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat serta dapat meningkatkan pergerakan kunjungan wisatawan dan ekonomi daerah khususnya di Pangandaran dan umumnya di Jawa Barat," paparnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement