Selasa 30 May 2023 07:13 WIB

Beredar Video Calhaj Lansia Dipapah Jalan Kaki, Ini Penjelasan PPIH Indramayu

PPIH akan mengevaluasi terkait parkir kendaraan calhaj.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Petugas membantu calon jamaah haji (calhaj) untuk mengambil gelang identitas saat memasuki Asrama Haji Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (27/5/2023) malam.
Foto:

Dengan adanya kejadian calhaj yang mesti dipapah, sebagaimana dalam rekaman video, Atang mengatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi. Pasalnya, ke depan masih ada pemberangkatan lima kloter lainnya asal Kabupaten Indramayu.

Salah satunya dengan memperbanyak rambu-rambu dan informasi. Dengan demikian, para calhaj maupun pengantarnya bisa mengetahui lokasi parkir kendaraan yang sudah ditentukan. “Ke depan kita perbaiki lagi agar tidak terjadi miskomunikasi,” ujar Atang.

Saat dihubungi, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Indramayu, Wahyudin, juga menilai kejadian tersebut kemungkinan karena adanya miskomunikasi.

Menurut Wahyudin, rapat koordinasi dengan semua instansi sebelumnya sudah dilakukan agar calhaj dapat terlayani dengan baik. Semua petugas yang terlibat pun disebut diberi arahan untuk memberikan perhatian lebih kepada calhaj lansia. “Sebelum ada kejadian ini kita juga sudah wanti-wanti, untuk jamaah lansia, harus ada perhatian khusus,” kata dia.

Wahyudin mengatakan, pemerintah daerah sangat mendukung pemberangkatan calhaj tahun ini, apalagi Asrama Haji Indramayu sudah mulai digunakan. “Ibu Bupati sangat melayani jamaah, sampai memberikan cendera mata. Termasuk kekurangan air di Embarkasi (Asrama) Haji Indramayu juga langsung disuplai oleh Bupati,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement